eprintid: 41219 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12252 dir: disk0/00/04/12/19 datestamp: 2020-11-18 06:49:55 lastmod: 2020-11-18 06:50:35 status_changed: 2020-11-18 06:49:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dony Arung Triantoro, NIM: 17200010076 title: USTAZ ABDUL SOMAD, OTORITAS KARISMATIK DAN MEDIA BARU ispublished: pub subjects: dak_isl subjects: met_dakwah divisions: kom_masis full_text_status: restricted keywords: Ustaz Abdul Somad, Otoritas Keagamaan Tradisional dan Media Baru. note: Dr. Sunarwoto, S.Ag., M.A. abstract: Tesis ini mengkaji tentang otoritas keagamaan dan media baru, dengan studi kasus pada Ustaz Abdul Somad (UAS). Pertanyaan utama penelitian ini yaitu bagaimana otoritas keagamaan tradisional beradaptasi dan menjawab tantangan baru, terutama dengan munculnya media baru? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini mengkombinasikan data etnografi dan netnografi. Data etnografi dilakukan melalui wawancara dan mengikuti kegiatan dakwah UAS di beberapa tempat. Sedangkan data netnografi dilakukan melalui penelusuran datadata online dan melakukan observasi partisipan online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran media baru tidak menggeser otoritas keagamaan tradisional, tetapi justru otoritas tersebut semakin menguat berkat otoritas selebriti yang diperoleh melalui media baru, dan mendapatkan legitimasi dari penggemarnya. Oleh karena itu, otoritas keagamaan baru atau yang dikenal dengan dai selebriti, tidak hanya berasal dari lingkaran dai yang berlatar belakang pendidikan umum, tidak memiliki kemampuan agama Islam yang kuat atau penguasaan teks kitab-kitab klasik, tetapi juga berasal dari lingkaran dai yang memiliki latar belakang pendidikan Islam formal ataupun pesantren, memiliki akses ke kitab-kitab klasik dan menguasai ilmu-ilmu agama Islam lainnya. UAS sebagai otoritas keagamaan tradisional, secara masif mendiseminasikan dakwahnya ke ruang online, utamanya Youtube. Oleh karena itu, otoritas UAS sebagai seorang dai tetap bertahan dan bahkan menguat, berkat kultur selebriti yang didapatkan dari media baru. Selain itu, dia memediasi karisma selebritinya melalui seni dakwah seperti menggunakan gaya bahasa dan mimik wajah yang hidup, mengatur kualitas suaranya, humor, gaya berpakaian selebriti Islam dan memvisualisasi video youtube-nya. Akhirnya, berkat perpaduan antara kultur tradisional dan peran media baru, membuat karisma UAS berbeda dari otoritas keagamaan baru lainnya. date: 2019-03-25 date_type: published pages: 216 institution: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Dony Arung Triantoro, NIM: 17200010076 (2019) USTAZ ABDUL SOMAD, OTORITAS KARISMATIK DAN MEDIA BARU. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41219/1/17200010076%20BAB-I%20VI%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41219/2/17200010076%20BAB-II%20sampai%20SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf