%0 Thesis %9 Masters %A TRI MULYANTO, NIM. 17204010075 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga %D 2019 %F digilib:41230 %I Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga %K Nilai-nilai profetik, pendidikan Ismuba %P 193 %T IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PENDIDIKAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41230/ %X Penelitian ini di fokuskan di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta Tesis ini dilatarbelakangi oleh kualitas output pendidikan Islam yang kurang memadai yang diakibatkan oleh adanya kemerosotan moral dan pengetahuan dalam pendidikan. Peneliti memandang bahwa salah satu cara untuk mengatasi problem tersebut perlu adanya implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan ismuba. Ada tiga fokus utama dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana perencanaan implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan Ismuba. Kedua, bagaimana implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan Ismuba. Ketiga bagaimana evaluasi implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan Ismuba Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru Ismuba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan Ismuba mencakup tiga kegiatan, yaitu mengidentifikasi kebutuhan, merumuskan kompetensi dasar, dan pelaksanaan program pembelajaran yang mengacu pada desain pembelajaran (2) implementasi nilainilai profetik dalam pendidikan Ismuba mengacu pada buku golden habits atau biasa disebut dengan Ismubaris yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan, diantaranya: 5s (salam, sapa, senyum, sopan dan santun), tahfidz (ayat-ayat inspiratif dari Al-Qur’an, juz 30, kosakata, mahfudzat, bacaan do’a dalam shalat, dzikir dan do’a setelah shalat dan bacaan do’a dalam shalat jenazah), shalat duha, subuh, ashar berjamaah, dan baksos. Adapun jadwal pelaksanaannya jam 06:30 siswa datang kesekolah disambut guru di depan gerbang dalam pelaksanaan 5s, jam 06:45 pelaksanaan shalat duha dan dzikir secara berjama’ah, 07:00-07:30 pelaksanaan tahfidz, 12:00 shalat zuhur berjama’ah kemudian pelaksanaan ismubaris 15 menit, 15:00 shalat ashar berjamaah dan kegiatan baca tuntas AlQur’an sampai jam 16:00. (3) evaluasi implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan Ismuba dilaksanakan dikelas sesuai dengan mekanisme penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik, sedangkan kegiatan Ismubaris mengacu pada lembar evaluasi yang terdapat pada buku Ismubaris dan evaluasi lebih lanjut melalui pengamatan perubahan tingkah laku peserta didik, laporan pengamatan perilaku karakter peserta didik, rapat kerja, rapat rutin, rapat koordinasi rapat dinas, rapat akhir tahun dengan komite. %Z Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag.