<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali)"^^ . "Ahl al-Kitab adalah kaum yang mempunyai kitab suci.\r\nJumhur ulama sepakat kaum Yahudi dan Nasranilah yang\r\ndinyatakan sebagai Ahl al-Kitab. Al-Qur‟an menjunjung tinggi\r\ntoleransi antar agama, begitu juga terhadap Ahl-Al-Kitab. Di\r\ndalam Al-Qur‟an banyak terdapat ajaran dan anjuran untuk\r\nmenjaga hubungan baik antar umat beragama, di antaranya dalam\r\netika kebebasan beragama, menghormati agama lain dan etika\r\npersaudaraan. Salah satu ulama kontemporer, Muhammad alGhazali adalah salah seorang ulama progresif yang banyak\r\nmenelurkan ide-ide baru demi perkembangan Islam. Sosoknya\r\nmampu memberikan warna dalam perkembangan khazanah\r\nkeilmuan Islam dengan pemikiran-pemikirannya yang bernuansa\r\ntajdid, dan tidak heran kadang memicu kontroversi di berbagai\r\nkalangan. Dari salah satu karya tafsirnya yaitu Naḥwa Tafsīr\r\nMawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān Al-Karīm terlihat berbeda ketika\r\nmelihat beberapa penafsirannya mengenai ayat-ayat yang\r\nmembicarakan tentang Ahl Al-Kitab, Al- Ghazali menampakkan\r\nfanatisme keagamaannya, seolah justru sang pembaca seperti\r\nkembali berada pada masa Nabi. Kemudian dari latar belakang\r\ninilah penulis tertarik untuk melakukan penelitian.\r\nPenelitian ini menggunakan metode tematik yang bersifat\r\ndeskriptif-analitis. Dengan menggunakan pendekatan\r\nhermeneutik Gadamer yakni teori “wirkungsgeschichtliches”\r\n(kesadaran keterpengaruhan oleh sejarah). Menurut teori ini,\r\npemahaman seorang penafsir (dalam penelitian ini diposisikan\r\ndengan Muhammad al-Ghazali sebagai pemikir mengenai ayatayat Ahl Al-Kitab) ternyata dipengaruhi oleh situasi hermeneutik\r\ntertentu yang melingkupinya, baik itu tradisi, kultur maupun\r\npengalaman hidupnya.\r\nKemudian hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa\r\npenafsiran Al-Ghazali tentang ahl al-kitab dalam problem sosial\r\nyang terjadi. Diantara beberapa yang disinggung oleh al-Ghazali\r\nadalah sikap Yahudi terhadap muslim yang begitu keras tanpa\r\ncelah sehingga tidak terjalin hubungan yang harmonis divi\r\ndalamnya, kemudian sikap Nasrani terhadap muslim yang\r\nmenunjukkan sikap lebih bersahabat dengan umat Islam.\r\nInformasi al-Qur‟an tersebut didukung oleh fakta historis\r\nmengenai sikap bersahabat kaum Nasrani sejak awal\r\nperkembangan Islam pada periode Makkah. Kemudian tentang\r\nmenjalin silaturahmi dengan mengucap salam, sesuai dengan\r\npenafsiran al-Ghazali hal ini diperbolehkan untuk menjalin\r\nhubungan baik antar sesama umat beragama. Dalam konteks\r\nIndonesia yang memiliki penganut agama beragam, hal tersebut\r\ndapat diterapkan serta dapat dibedakan antara ranah sosial dan\r\nkepercayaan. Selanjutnya terkait tentang kebebasan beragama.\r\nIndonesia menganut enam agama kepercayaan yaitu Islam,\r\nHindu, Budha, Kristen, Katholik dan Konghucu, dari secara\r\nkeseluruhan dapat terjalin hubungan beragama yang harmonis.\r\nSelain itu membutuhkan beberapa penekanan pada pengertian\r\nkafir dalam setiap pribadi Islam yang masih sering dilontarkan\r\ndan mengakibatkan kesalahpahaman."^^ . "2019-05-24" . . . . "Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "1520511014"^^ . "Zulaikhah Fitri Nur Ngaisah"^^ . "1520511014 Zulaikhah Fitri Nur Ngaisah"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Text)"^^ . . . . . "1520511014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Text)"^^ . . . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB\r\n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān\r\nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #41232 \n\nKONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB \n(Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān \nAl-Karīm karya Muhammad al-Ghazali)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Al-Qur'an" . . . "Islam dan Pemikiran" . .