@mastersthesis{digilib41237, month = {March}, title = {GURU MENYENANGKAN DALAM PERSPEKTIF MODEL PEMBELAJARAN ?PAIKEM? DI MI QURROTA A?YUN SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 17204080009 Ilham}, year = {2019}, note = {Zulkipli Lessy, S.Ag., S.Pd., M.Ag., M.S.W., Ph.D}, keywords = {Konsep Guru Menyenangkan, dan Kontribusi Guru Menyenangkan Dalam Perspektif Model Pembelajaran PAIKEM}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41237/}, abstract = {Keberhasilan pendidikan tidak bisa lepas dari tanggung jawab dan peran guru, terlebih dalam kemampuan mendidik sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan dapat tercapai dengan maksimal. Tetapi begitu memprihatinkan ketika kita lihat realitas, banyak guru dengan cara pembelajaran tradisional yang berlangsung secara monoton, yang hanya disuguhi dengan metode ceramah, dan sifat dominasi oleh guru, seakan-akan guru adalah sumber utama dalam belajar, sedangkan para siswa hanya sebagai pendengar setia maka siswa merasa tersiksa di dalam kelas, bahkan kelas seakan seperti penjara. Hal ini menjadi tugas besar bagi para pendidik khususnya guru untuk bisa membuat suasana pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Karena itu, dibutuhkan guru yang menyenangkan dalam pandangan model pembelajaran PAIKEM mengingat pentingnya guru menyenangkan dalam proses belajar-mengajar. Untuk mengetahui seperti apa pandangan model pembelajaran PAIKEM tentang guru yang menyenangkan, penulis melakukan penelitian yang bertema: Perspektif model pembelajaran PAIKEM tentang Guru Menyenangkan di MI Qurrota A?yun Sleman Yogyakarta. Berangkat dari masalah yang telah dirumuskan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana menjadi guru yang menyenangkan, bagaimana ciri-ciri guru menyenangkan dalam model pembelajaran PAIKEM dan bagaimana perspektif penerapan model pembelajaran PAIKEM MI Qurrota A?yun Sleman Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MI Qurrota A?yun Sleman Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ini adalah trianggulasi sumber yakni teknik seperti metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang guru menyenangkan dalam perspektif model pembelajaran PAIKEM. Hasil analisis yang digunakan ternyata menghasilkan konsep guru menyenangkan dalam perspektif model pembelajaran PAIKEM adalah guru yang bisa memahami segala karakter dari peserta didiknya. Sehingga proses model pembelajaran PAIKEM bisa berjalan dengan baik. Guru tersebut mampu memberikan kontribusi yang sangat baik dalam hal menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) di Mi Qurrota A?yun Sleman Yogyakarta. Hal ini terlihat baik, dari cara mengajarnya yang aktif, mampu memotivasi siswa, menguasai materi, maupun mampu membuat suasana pembelajaran yang nyaman serta menyenangkan.} }