TY - THES N1 - Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. ID - digilib41238 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41238/ A1 - ZUMRATUN, NIM: 17204080039 Y1 - 2019/03/08/ N2 - Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah SDN Balirejo merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural yang mana di dalam lingkungan sekolah tersebut baik peserta didik maupun guru itu memiliki perbedaan baik dari segi suku, budaya, ras, maupun agama. Namun meskipun demikian, peserta didik dan guru-guru tetap menunjukkan rasa kekeluargaan ataupun rasa kebersamaan baik dalam hal pendidikan maupun hal lainnya. Penelitian dalam tesis ini, mengacu pada interaksi antar etnis dalam pendidikan multikultural dan mengambil judul Interaksi Pesrta Didik dari Berbagai Etnis dalam Pendidikan Multikultural Kelas VI di SDN Balirejo Yogyakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural di SD Negeri Balirejo, dan 2) Untuk menganalisis interaksi peserta didik dari latar belakang etnis, budaya, dan agama yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pendidikan multikultural di SDN Balirejo antara lain: a) guru membangun pengetahuan peserta didik melalui penanman ilmu-ilmu sosial, seperti PPKN, IPS serta Agama, b) memberikan contoh tentang keanekaragaman etnis, suku dan budaya, c) melakukan pembelajaran dengan model dan gaya mengajar yang bervariasi, d) membuat kegiatan yang memberikan kesempatan kepada seluruh warga untuk dapat berinteraksi dengan baik dan kondusif, dan e) menanamkan sikap positif terhadap peserta didik agar memiliki prasangka yang baik tentang keragaman etnis, suku dan maupun budaya. Kedua, Interaksi peserta didik dari latar belakang etnis, budaya dan agama yang berbeda di SDN Balirejo Yogyakarta adalah berlangsung dengan baik, dimana bentuk interaksi yang terjadi adalah berupa hubungan kerja sama (asosiatif) dan konflik atau pertikaian (disosiatif) serta memiliki pola interaksi akulturasi, paternalisme, integrasi dan pluralisme. Adapun beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang melandasi interaksi tersebut seperti: tilawah, kaligrafi, membatik, tari dan pencaksilat. PB - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga KW - Interaksi Sosial KW - Etnis KW - Pendidikan Multikultural. M1 - masters TI - INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA AV - public EP - 190 ER -