eprintid: 41238 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12252 dir: disk0/00/04/12/38 datestamp: 2020-11-18 06:48:03 lastmod: 2020-11-18 06:48:03 status_changed: 2020-11-18 06:48:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ZUMRATUN, NIM: 17204080039 title: INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: kar_ divisions: gur_kel full_text_status: public keywords: Interaksi Sosial, Etnis, Pendidikan Multikultural. note: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. abstract: Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah SDN Balirejo merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural yang mana di dalam lingkungan sekolah tersebut baik peserta didik maupun guru itu memiliki perbedaan baik dari segi suku, budaya, ras, maupun agama. Namun meskipun demikian, peserta didik dan guru-guru tetap menunjukkan rasa kekeluargaan ataupun rasa kebersamaan baik dalam hal pendidikan maupun hal lainnya. Penelitian dalam tesis ini, mengacu pada interaksi antar etnis dalam pendidikan multikultural dan mengambil judul Interaksi Pesrta Didik dari Berbagai Etnis dalam Pendidikan Multikultural Kelas VI di SDN Balirejo Yogyakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural di SD Negeri Balirejo, dan 2) Untuk menganalisis interaksi peserta didik dari latar belakang etnis, budaya, dan agama yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pendidikan multikultural di SDN Balirejo antara lain: a) guru membangun pengetahuan peserta didik melalui penanman ilmu-ilmu sosial, seperti PPKN, IPS serta Agama, b) memberikan contoh tentang keanekaragaman etnis, suku dan budaya, c) melakukan pembelajaran dengan model dan gaya mengajar yang bervariasi, d) membuat kegiatan yang memberikan kesempatan kepada seluruh warga untuk dapat berinteraksi dengan baik dan kondusif, dan e) menanamkan sikap positif terhadap peserta didik agar memiliki prasangka yang baik tentang keragaman etnis, suku dan maupun budaya. Kedua, Interaksi peserta didik dari latar belakang etnis, budaya dan agama yang berbeda di SDN Balirejo Yogyakarta adalah berlangsung dengan baik, dimana bentuk interaksi yang terjadi adalah berupa hubungan kerja sama (asosiatif) dan konflik atau pertikaian (disosiatif) serta memiliki pola interaksi akulturasi, paternalisme, integrasi dan pluralisme. Adapun beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang melandasi interaksi tersebut seperti: tilawah, kaligrafi, membatik, tari dan pencaksilat. date: 2019-03-08 date_type: published pages: 190 institution: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga thesis_type: masters thesis_name: other citation: ZUMRATUN, NIM: 17204080039 (2019) INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41238/1/17204080009_BAB%20II_III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41238/2/17204080009_BAB1_IV%20-%20DAFTAR_PUSTAKA.pdf