<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA)"^^ . "Penelitian ini berawal dari pendidikan yang sekarang semakin\r\nbanyak terdegradasi di bidang kejujuran dan akhlak. Terdapat problematika\r\npada peserta didik sekarang ini diantaranya: anak tidak jujur saat ujian dan\r\nkurang menghargai guru dan orang yang lebih tua. Pondasi pendidikan\r\nformal dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah pada anak-anak tingkat\r\nsekolah dasar. Pada fase ini ditanamkan nilai-nilai kejujuran dan akhlak\r\nterpuji sebagai bekal hidup mereka dengan menanamkan logika berfikir yang\r\nbenar sehingga tahu benar dan salah.\r\nPenelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif, dengan\r\nmengambil lokasi di Graha Laznas Yatim Mandiri Pusat, Yatim Mandiri\r\ncabang Madiun, Ponorogo dan Yogyakarta dengan meneliti penerapan\r\nmanajemen pembelajaran efektif pada kurikulum sanggar genius. Metode\r\npengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara mendalam\r\ndan dokumentasi. Sedang untuk menganalisis data digunakan analisis model\r\nMiles dan Hubermen, yaitu analisis model interaktif dengan langkahlangkah; pengumpulan data, data reduction, data display, dan data\r\nverification.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa, Sanggar Genius adalah\r\nprogram pendidikan Laznas Yatim Mandiri yang memberdayakan anak-anak\r\nyatim dan dhuafa untuk bisa mandiri (cerdas, jujur, santun dan tangguh)\r\nuntuk anak tingkat SD/MI sederajat yang terlaksana sejak awal tahun 2011.\r\nManajemen pembelajaran efektif pada kurikulum Sanggar Genius kunci\r\nutama terletak pada guru. Guru sanggar diposisikan seorang manajer di\r\ndalam organisasi kelas atau sanggar. Sebagai seorang manajer, aktivitas guru\r\nmencakup kegiatan merencanakan, mengorganisir, memimpin dan\r\nmengevaluasi hasil belajar mengajar yang dikelolanya dengan panduan\r\nkurikulum yang sudah di bentuk oleh tim manajemen Yatim Mandiri Pusat.\r\nDampak dari implementasi kurikulum sanggar genius dalam\r\nmengoptimalkan manajemen pembelajaran efektif: 1) Guru mudah\r\nmengelola kelas, 2) Anak lebih semangat belajar, berkompetisi, aktif, akhlak\r\ndan sopan santun meningkat, 3) Logika berfikir anak terbentuk sehingga\r\nmengerti benar dan salah, 4) Mental santri binaan semakin baik. 5) Prestasi\r\ndi sekolah meningkat. Kendala yang dihadapi: 1) Guru kekurangan inovasi.\r\n2) Anak-anak mudah menyerah ketika menghadapi soal yang sulit. 3)8\r\nBeberapa anak merasa kesulitan dengan soal dari level yang mungkin belum\r\npernah dipelajari sebelumnya. 4) Peran ibu, orang tua / wali yang kurang\r\nmemperhatikan anaknya, karena fokus mencari nafkah untuk kebutuhan\r\nsehari-hari. 5) Anak cepat jenuh."^^ . "2019-01-08" . . . . "Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 1520411086"^^ . "Supriyatno, S.Pd.I"^^ . "NIM.: 1520411086 Supriyatno, S.Pd.I"^^ . . . . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . . . "1520411086_BAB_I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Text)"^^ . . . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM\r\nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN\r\nLAZNAS YATIM MANDIRI\r\n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN,\r\nPONOROGO DAN YOGYAKARTA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #41240 \n\nMANAJEMEN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA KURIKULUM \nSANGGAR GENIUS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN \nLAZNAS YATIM MANDIRI \n(STUDI LAPANGAN DI YATIM MANDIRI CABANG MADIUN, \nPONOROGO DAN YOGYAKARTA)\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . .