<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten)"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan tahfidz yang ada di\r\npondok pesantren sekarang sudah merambah ke pendidikan formal diluar\r\nponpes terutama pendidikan swasta yang berasaskan Islam. Lembaga\r\npendidikan formal yang melakukan pendidikan tahfidz diantaranya MI Al\r\nMa’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah Gading 1 Klaten, serta SD IT\r\nHidayah Klaten. Pendidikan tahfidz merupakan hal yang menarik jika\r\ndikaji dengan teori psikologi behavioristik Skinner. Teori Skinner\r\nmerupakan teori psikologi yang berusaha mengubah atau membuat\r\nperilaku baru dengan metode pengulangan atau pembiasaan melalui\r\nlingkungan yang dibentuk sedemikian rupa.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat\r\ndeskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,\r\nwawancara, dokumentasi dari berbagai sumber yang terkait. Analisis data\r\ndilakukan dengan melalui tiga komponen, reduksi data, penyajian data,\r\npengambilan keputusan serta uji keabsahan data, dari analisis tersebut\r\ndapat ditarik desain pendidikan tahfidz yang dilaksanakan dan peran\r\npendidik menurut teori behavioristik Skinner. Pemeriksaan keabsahan dilakukan dengan menggunakan sumber data baik primer maupun\r\nsekunder.\r\nHasil penelitian menunjukkan: 1. Metode pendidikan tahfidz yang\r\ndilakukan di lembaga pendidikan formal MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI\r\nMuhammadiyah Gading 1 Klaten, dan SD IT Hidayah Klaten hanya\r\nmenerapkan beberapa prinsip yaitu reinforcement dan punishment. Metode\r\npendidikan tahfidz yang digunakan adalah pengulangan atau muraja’ah,\r\nhal ini sudah sesuai dengan teori Skinner. Metode pemberian\r\nreinforcement dan punishment disesuaikan dengan kondisi guru masingmasing, sehingga penanganan pada anak berbeda-beda. Metode\r\npengulangan atau muraja’ah yang lebih benyak menandakan semakin baik\r\npula kualitas pendidikan tahfidz yang dilakukan, serta adanya penunjang\r\nberupa buku modul atau kartu hafalan yang membuat pendidikan tahfidz\r\npeserta didik terarahkan dan terstruktur dengan baik. 2. Peran pendidik\r\ndalam pendidikan tahfidz menurut teori skinner mengacu pada\r\npengelolaan kelas, hal ini dikarenakan untuk menciptakan lingkungan\r\nyang baik dalam menghafal diperlukan pengelolaan kelas yang baik.\r\nPendidik menjadi titik tolak utama sehingga terkadang untuk\r\nmengkondisikan peserta didik diberi tugas atau yang lainnya."^^ . "2019-05-07" . . . . "Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1520411032"^^ . "Muhammad Ma’shum Syafi’i"^^ . "NIM: 1520411032 Muhammad Ma’shum Syafi’i"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Text)"^^ . . . . . "1520411032_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN\r\nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER\r\n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah\r\nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #41242 \n\nPENDIDIKAN TAHFIDZ PADA LEMBAGA PENDIDIKAN \nFORMAL MENURUT TEORI BEHAVIORISTIK SKINNER \n(Studi Komparasi MI Al Ma’arif Drono Klaten, MI Muhammadiyah \nGading 1 Klaten dan SD IT Hidayah Klaten)\n\n" . "text/html" . . . "ISLAM DAN PENDIDIKAN" . . . "Kurikulum" . .