TY - THES N1 - Dr. Muqowim, M.Ag. ID - digilib41248 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41248/ A1 - Inayatul Maula, NIM 17204030015 Y1 - 2019/04/09/ N2 - Ada tiga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, pertama, mengapa diterapkan pembelajaran berorientasi kewirausahaan pada TK Khalifah Baciro; kedua, bagaimana implementasi pembelajaran berorientasi kewirausahaan melalui metode proyek; dan ketiga, dampak diterapkannya pembelajaran berorientasi kewirausahaan melalui metode proyek. Persoalan tersebut diangkat karena didasari oleh banyaknya pengangguran terdidik setiap tahunnya dikarenakan rendahnya wirausahawan di Indonesia dibanding dengan negara-negara lain. Berangkat dari masalah tersebut, pentingnya para praktisi pendidikan mempunyai inovasi baru untuk memberikan solusi dengan menerapkan konsep pendidikan yang berorientasi kewirausahaan sejak usia dini menggunakan metode-metode yang mendorong anak untuk aktif dalam menstimulus aspek perkembangannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik yaitu menggambarkan sumber data yang diperoleh melalui analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis dan dideskripsikan sehingga dapat lebih mudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulannya. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi yaitu menguji validitas data melalui pengecekan data, baik satu jenis data atau berbeda jenis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dasar pemikiran TK Khalifah berbasis entreperneurship, karena sebagai sarana menumbuhkan karakter kewirausahaan sejak dini yang berlandaskan pada kepribadian Nabi Muhammad Saw. (2) Proses pembelajaran kewirausahaan dengan metode proyek, diterapkan melalui beberapa sentra diantaranya; sentra tauhid, life skill, science, art, dan exercise, adapun melalui program unggulan TK Khalifah yaitu; market day, cooking class, field trip (3) Dampak dari penerapan pembelajaran berorientasi kewirausahaan dengan metode proyek diukur dari indikator core value entrepreneurship, nilainilai yang muncul pada diri anak diantaranya; mandiri, jujur, kreatif, inovatif, percaya diri, berani, dan tanggung jawab. PB - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga KW - Model pembelajaran KW - kewirausahaan KW - Project based learning M1 - masters TI - ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI KEWIRAUSAHAAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK KHALIFAH BACIRO YOGYAKARTA AV - public EP - 246 ER -