<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA"^^ . "Perkembangan sosial emosional yang positif atau baik\r\nmerupakan prediktor untuk kesuksesan dalam bidang\r\nakademik, kognitif, sosial dan emosional dalam kehidupan\r\nanak selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN\r\nNgupasan Yogyakarta karena sekolah ini menerapkan dua\r\nprogram pendidikan sekaligus, oleh karena itu peneliti dapat\r\nmelihat sejauh mana hasil pencapaian dari program Sekolah\r\nRamah Anak dan Adiwiyata dalam pengembangan sosio\r\nemosional anak.\r\nJenis penelitian ini adalah Field research\r\nmenggunakan Pendekatan Kualitatif dan metode diskriptif.\r\nSubjek data primer dalam penelitian adalah kepala Sekolah,\r\nSekretaris dan koordinator program Sekolah Ramah Anak\r\ndan program Sekolah Ramah Lingkungan (Adiwiyata), guru,\r\norang tua peserta didik, dan peserta didik SDN Ngupasan\r\nYogyakarta. Tehnik pengumpulan data menggunakan\r\nobservasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.\r\nAnalisis data menggunakan triangulasi yang dimulai dari\r\nreduksi data, penyajian data sampai pada penarikan\r\nkesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa program\r\nSekolah Ramah Anak dan Ramah Lingkungan memiliki\r\nkontribusi dalam pengembangan sosio emosional anak usia\r\ndasar di SDN Ngupasan Yogyakarta. (A) Tahapan Program\r\nSekolah Ramah anak meliputi (1) Kebijakan anti kekerasan,\r\n(2) Pelaksanaan Kurikulum. (3) Pendidik dan tenaga\r\nkependidikan terlatih hak-hak anak. (4) Sarana dan Prasarana.\r\n(5) Partisipasi peserta didik. (6) Partisipasi orang tua.x\r\nKontribusi yang didapatkan dari Implementasi Program\r\nSekolah Ramah Anak dalam pengembangan sosio emosional\r\nanak usia dasar adalah peserta didik dapat menghargai orang\r\nlain, lebih bisa mengontrol emosi, responsif, terikat figur\r\norang tua, peduli, meniru temannya, dapat memainkan\r\npermainan yang memakai aturan dan menciptakannya, kelas\r\ntinggi relatif berteman sesama jenis, mengikuti sebuah\r\nkejadian/acara, percaya diri, toleransi, bekerjasama dan\r\nbertanggung jawab, dan cenderung menghabiskan waktu\r\nbersama temannya. (B) Tahapan Program sekolah Ramah\r\nLingkungan meliputi (1) Kebijakan berwawasan lingkungan.\r\n(2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan. (3) Kegiatan\r\nlingkungan berbasis partisipatif. (4) Pengelolaan sarana\r\npendukung ramah lngkungan. Kontribusi dari Implementasi\r\nProgram Sekolah Ramah Lingkungan dalam pengembangan\r\nsosio emosional anak usia dasar adalah anak mampu\r\nmengontrol emosi, membantu dan senang bekerjasama serta\r\nbertanggung jawab, responsif, dapat memainkan permainan\r\nmemakai aturan dan dapat menciptakannya, peduli, sensitif,\r\nlebih percaya dan mandiri, terikat pada figur orang tua."^^ . "2019-04-11" . . . . "Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 17204080029"^^ . "MUHAMMAD MAJDI"^^ . "NIM. 17204080029 MUHAMMAD MAJDI"^^ . . . . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "17204080029_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH\r\nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN\r\nNGUPASAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #41251 \n\nPROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DAN RAMAH \nLINGKUNGAN DALAM PENGEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA DASAR DI SDN \nNGUPASAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Karakter" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .