@article{digilib41275, volume = {5}, number = {1}, month = {June}, author = {- R. Umi Baroroh and - Etika Riani Tsani}, title = {Evaluasi Maharah al Qira`ah dalam Buku Durus al Lugah al `Arabiyyah Buku SiswaBahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah}, publisher = {UIN Maliki Malang}, year = {2019}, journal = {al Mah{\=a}ra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab}, pages = {101--116}, keywords = {Mah{\=a}rah Al-Qir{\=a}?ah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41275/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis evaluasi, teknik evaluasi, dan kualitas instrumen evaluasi mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah dalam buku ajar Dur{\=u}s Al-Lugah Al-?Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research)dengan objek penelitian buku teks Dur{\=u}s Al-Lugah Al-?Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis evaluasi mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah dalam buku ajar Dur{\=u}s Al-Lugah Al-?Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah merupakan jenis evaluasi formatif dan diagnostik. Teknik evaluasi mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah dalam buku ini meliputi teknik tes dan teknik non-tes. Kualitas instrumen evaluasi mah{\=a}rah al-qir{\=a}?ah dalam buku ini, dilihat dari segi materi terdapat butir soal pilihan ganda dan uraian yang tidak sesuai indikator. Sedangkan dari segi konstruksi, terdapat beberapa komponen telaah butir yang tidak terpenuhi pada butir soal benar-salah, isian atau jawaban singkat dan pilihan ganda. Adapun dari segi bahasa, secara keseluruhan kualitas instrumen sudah baik.} }