TY - JOUR ID - digilib41275 UR - http://10.14421/almahara.2019.v5i1.101-116 IS - 1 A1 - R. Umi Baroroh, - A1 - Etika Riani Tsani, - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis evaluasi, teknik evaluasi, dan kualitas instrumen evaluasi mah?rah al-qir??ah dalam buku ajar Dur?s Al-Lugah Al-?Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research)dengan objek penelitian buku teks Dur?s Al-Lugah Al-?Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah. Sementara itu dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis evaluasi mah?rah al-qir??ah dalam buku ajar Dur?s Al-Lugah Al-?Arabiyyah Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah merupakan jenis evaluasi formatif dan diagnostik. Teknik evaluasi mah?rah al-qir??ah dalam buku ini meliputi teknik tes dan teknik non-tes. Kualitas instrumen evaluasi mah?rah al-qir??ah dalam buku ini, dilihat dari segi materi terdapat butir soal pilihan ganda dan uraian yang tidak sesuai indikator. Sedangkan dari segi konstruksi, terdapat beberapa komponen telaah butir yang tidak terpenuhi pada butir soal benar-salah, isian atau jawaban singkat dan pilihan ganda. Adapun dari segi bahasa, secara keseluruhan kualitas instrumen sudah baik. VL - 5 TI - Evaluasi Maharah al Qira`ah dalam Buku Durus al Lugah al `Arabiyyah Buku SiswaBahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Aliyah AV - public EP - 116 Y1 - 2019/06// PB - UIN Maliki Malang JF - al Mah?ra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab KW - Mah?rah Al-Qir??ah SN - P-ISSN: 2477-5835/E-ISSN: 2477-5827 SP - 101 ER -