<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk)"^^ . "Khutbah merupakan salah satu jenis karya sastra yang berkembang sejak zaman jahiliyah. Karya sastra \r\npada saat itu terbagi menjadi dua bagian yaitu syair dan prosa. Prosa sendiri terbagi menjadi \r\nbeberapa jenis yang salah satunya yaitu khutbah. Khutbah juga ada beberapa periode dalam \r\nperkembangannya seperti khutbah masa Islam, khutbah Umawiy, Khutbah Abbasiy, khutbah dzahabiy, \r\nkhutbah Hadits, dan khutbah Jahiliyah. Khutbah Jahiliyah ini sendiri berkembang dizaman jahiliyah \r\natau zaman sebelum masuknya Islam yaitu tahun sebelum diutusnya Nabi Muhammad SAW menjadi Rasul \r\nAllah SWT. Keadaan tersebut merujuk pada situasi bangsa arab kuno yaitu pada masa masyarakat Arab \r\npra-Islam. Khutbah yang disampaikan pada saat itu memuat ideologi dari para orator dengan tujuan \r\nuntuk dapat mempengaruhi, memberi nasehat dan menyampaikan maksud serta tujuan para orator dalam \r\nkhutbah- khutbahnya.\r\nWacana yang berkembang dizaman jahiliyah tersebut pastinya ada beragam, salah satunya yaitu wacana \r\nagama Ibrahim AS atau yang sering kita kenal dengan agama Hanif. Agama hanif sendiri merupakan asal \r\nmuasal dari agama Islam yang berkembang sebelum datangnya Islam. Dari sini kita tidak bisa menampik \r\njika khutbah merupakan sarana atau media yang digunakan untuk konstruksi dan produksi makna dalam \r\nsebuah realitas. Untuk mengetahui produksi berita khususnya tentang konsep hanifiyah dari \r\nkhutbah-khutbah jahiliyah maka akan timbul beberapa pertanyaan, yaitu: Bagaimana wacana hanifiyah \r\nyang ditampilkan dalam khutbah- khutbah jahiliyah? Bagaimana model kognisi social khutbah-khutbah \r\njahiliyah dalam menampilkan konsep hanifiyah? Bagaimana konteks social khutbah-khutbah jahiliyah \r\ndalam menyampaikan wacana konsep hanifiyah?\r\nDalam menjawab rumusan masalah ini, teori yang penulis gunakan adalah teori analisis wacana kritis \r\ndengan model Teun A Van Dijk yang analisisnya lebih mendekatkan dengan kognisi social, melihat \r\nbagaimana kognisi social yang dibangun dalam hal ini adalah para orator jahiliyah. Selain itu, \r\nkognisi juga bukan tercipta dengan sendirinya tetapi merupakan produk konstruksi social dari \r\nlingkungan kognisi itu lahir, yaitu konteks social. Konteks social ini juga sangan berperan dalam \r\nmenentukan kognisi social seseorang.\r\nMaka, melalui kajian pustaka dan analisis deskriptif yang peneliti lakukan, bahwa khutbah-khutbah \r\njahiliyah menjadi media yang digunakan oleh para oratornya untuk menyampaikan ideologinya yang \r\nsalah satu ideologinya yaitu konsep hanifiyah. Dari khutbah-khutbah jahiliyah tersebut, bukan \r\nhanya seruan wacana hanifiyah saja yang ingin disampaikan, akan tetapi banyak juga penambahan \r\nkalimat dan makna serta pernyataan yang mendukung wacana hanifiyah ini agar bisa diterima\r\nو\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\noleh objek khutbah mereka. Pemilihan teks dan skema komposisi khutbah yang menjadi alasan bentuk \r\nketimpangan tersebut. Peneliti juga melihat bahwa khutbah- khutbah jahiliyah yang disampaikan \r\ntidaklah hadir dengan sendirinya, akan tetapi hasil dari kognisi social dari penulis disertai \r\nkonteks social yang melatar belakanginya.\r\nKata Kunci: Kognisi Sosial, Konteks Sosial, Hanifiyah, Khutbah Jahiliyah"^^ . "2019-12-19" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 15110072"^^ . "Panggayuh Noto Wibowo"^^ . "NIM. 15110072 Panggayuh Noto Wibowo"^^ . . . . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Text)"^^ . . . . . "15110072_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Text)"^^ . . . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Other)"^^ . . . . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Other)"^^ . . . . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Other)"^^ . . . . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Other)"^^ . . . . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Mafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #41312 \n\nMafhum Al Hanifiyyah Fi Al Khutabi Al Jahiliyyah (dirasah Tahliliyyah Al Khuttab Al Naqli Teun A Van Dijk)\n\n" . "text/html" . . . "Frase - Analisis" . .