eprintid: 41334 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 12252 dir: disk0/00/04/13/34 datestamp: 2020-11-25 04:26:49 lastmod: 2025-02-17 01:49:26 status_changed: 2020-11-25 04:26:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aan Fatkhurohman, NIM.: 01470818 title: UPAYA KEPALA SEOKLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MI MA'ARIF GLAGAHOMBO, SUCEN, SALAM, MAGELANG ispublished: pub subjects: 371.2. divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: leader; kepala sekolah; prestasi siswa; manajer note: Drs. Misbah Ulmunir, M. Si. abstract: Posisi kepala sekolah sebagai leader, manajer, administrator dan supervisor suatu lembaga pendidikan membutuhkan profesionalisme dari profesi tersebut. Hal ini menuntut suatu mekanisme baru seperti pendidikan khusus untuk calon kepala sekolah. Oleh karena itu pengangkatan kepala sekolah yang selama ini berdasarkan pengalaman menjadi guru yang cukup lama, semestinya dilengkapi dengan pendidikan yang dikhususkan untuk kepala sekolah. MI Ma'arif Glagahombo adalah lembaga pendidikan Islam tingkat dasar yang ikut berperan dalam membimbing generasi muda Islam untuk menjadi hamba yang mampu menjalankan tugas hidup di dunia. Kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan tersebut bertanggung jawab atas kepercayaan orang tua siswa untuk melanjutkan pendidikan yang belum terselesaikan oleh mereka. Siswa berprestasi adalah salah satu harapan orang tua dan dunia pendidikan, maka dari itu kepala sekolah yang profesional senantiasa berupaya untuk meningkatkan prestasi siswa. Kerjasama yang baik dalam lembaga pendidikan di MI Ma'arif Glagahombo diprediksi dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini dikarenakan kepala sekolah selaku leader, manajer, administrator, dan supervisor tidak dapat dengan sendirinya mencetak siswa berprestasi tanpa bantuan guru pendidikan agama Islam. Maka dari itulah dalam skripsi ini akan dibahas bagaimana kinerja kepala sekolah berkaitan dengan tugasnya sebagai leader, manajer, adminitrator dan supervisor di MI Ma'arif Glagahombo. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kualitatif, maka teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampel bertujuan (purposive sampling). Yang menjadi salah satu ciri sampel bertujuan adalah: dari mana atau dari siapa pengambilan sampel itu dimulai tidak menjadi persoalan, tetapi bila hal itu sudah berjalan, maka pemilihan berikutnya bergantung pada apa keperluan peneliti. Kemudian yang menjadi subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa sedangkan populasinya adalah seluruh komponen yang ada di MI Ma' arif Glagahombo. Dari penelitian yang penulis lakukan, maka dapat diketahui bagaimana kinerja kepala sekolah MI Ma'arif Glagahombo berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa. Prestasi tersebut dapat berupa prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Prestasi akademik adalah prestasi yang berkaitan dengan hasil evaluasi mata pelajaran seperti; nilai hasil belajar siswa dalam UAM 5 tahun terakhir. Sedangkan prestasi non akademik dapat berupa perlombaan­perlombaan yang diikuti oleh siswa MI Ma'arif Glagahombo seperti; Tilawatil Qur'an, Olah Raga dan Pramuka. Dalam peningkatan prestasi tersebut kepala sekolah MI Ma'arif Glagahombo telah melaksanakan upaya formal dan non formal. Upaya formal dapat berupa kegiatan les atau remedial teching. Sedangkan untuk upaya non formal dapat berupa kegiatan do'a bersama (mujahadah) dengan masyarakat terutama orang tua siswa. Berdasarkan upaya tersebut, prestasi siswa MI Ma' arif Glagahombo saat ini cukup memuaskan baik akademik maupun non akademik. date: 2005-04-19 date_type: published pages: 111 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Aan Fatkhurohman, NIM.: 01470818 (2005) UPAYA KEPALA SEOKLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MI MA'ARIF GLAGAHOMBO, SUCEN, SALAM, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41334/1/01470818_BAB%20I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41334/2/01470818_BAB%20II_BAB%20III.pdf