eprintid: 41335 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 12252 dir: disk0/00/04/13/35 datestamp: 2020-11-25 05:26:43 lastmod: 2025-02-17 06:05:58 status_changed: 2022-12-20 07:37:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yusri Fuadah, NIM.: 01470938 title: TELAAH KURIKULUM MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR, KRAPYAK, YOGYAKARTA PADA ERA KEPEMPIMPINAN KH. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR PERIODE 2000-2004 ispublished: pub subjects: 375 subjects: pen_isl divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: dewan guru; bahan pelajaran; belajar mengajar note: Drs. M. Jamroh Latief, M. Si. abstract: Penelitian yang berjudul Telaah Kurikulum Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta pada Era Kepemimpinan KH. Zainal abidin Minawwir Periode Tahun 2000-2004ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang penerapan kurikulum yang ada di Madrasah Salafiyah II Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, dan untuk mengetahu hasil yang dicapai dengan penerapan kurikulum yang ada di Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan, dengan subyek penelitiannya, terdiri dari Kepala Madrasah Salafiyah II, Ustadz dari Ustadzah Madrasah Salafiyah II, santri Madrasah, dan bagian kurikulum Madrasah Salafiyah II. Sampel yang digunakan dalam penelitian inidiambil dengan teknik proporsional stratified sampling. Sedangkan dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode interview, observasi, dokumentasi, dan angket. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan metode deskriptif-analisis. Dari uraian dan analisis data, maka dapat disimpulkan: 1) Kurikulum Madrasah Salafiyah II mampu bertahan dan dapat terlaksana dengan baik sampai sekarang, meskipun kurikulumnya merupakan hasil peyempurnaan dari kurikulum yang diwariskan oleh kepemimpinan KH. Zainal abidin Munawwir sebelum periode 2000-2004. 2) Hasil yang dicapai dengan penerapan kurikulum yang ada di Madrasah Salafiyah II Pondok Pesantren AL MUnawwir Krapyak Yogyakarta pada Kepemimpinan KH. Zainal Abidin Munawwir periode tahun 2000-2004 secara keseluruhan terus mengalami kemajuan dan peningkatan Hal ini terbukti pada tahun ajaran 2000/2001 mencappai hasil 63 % dari seluruh bahan pelajaran yang dapat dikuasai oleh siswa. Pada tahun ajaran 2001/2002 mencapai hasil 69 % dari seluruh bahan pelajaran yang dapat dikuasai oleh siswa. Pada tahun 2002/2003 mencapai 67 % dari seluruh bahan pelajaran yang dapat dikuasai oleh siswa. Tahun ajaran 2003/2004 mencapai 70% dari seluruh bahan pelajaran yang dapat dikuasi oleh siswa. Peningkatan dari tahun ke tahun yang paling signifikan terletak pada keempat komponen kurikulum yaitu tujuan, materi (bahan pelajaran). proses belajar mengajar dan evaluasi. Sebelum periode 2000-2004, materi belum tertata dan tersusun dengan rapi, sehingga dalam penyajiannya masih rancu antara halqoh I'dadiyah, Ula, Tsaniyah dan Tsalitsah. Begitu juga dengan metode. Sebelum periode 2000-2004 metode yang diterapkan di Madrasah Salafiyah II hanya monoton dengan bandongan, sorogan, wetonan dan ceramah. Sehingga siswa merasakan kejenuhan yang berakibat pada hasil belajar mereka yang tidak maksimal. Namun dengan adanya penambahan metode tanya jawab, penugasan dan diskusi, sedikit demi sedikit Madrasah Salafiyah II Pondok pesantren Al- Munawwir menunjukkan kemajuan dan keberhasilan yang cukup baik. date: 2005-07-07 date_type: published pages: 153 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yusri Fuadah, NIM.: 01470938 (2005) TELAAH KURIKULUM MADRASAH SALAFIYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR, KRAPYAK, YOGYAKARTA PADA ERA KEPEMPIMPINAN KH. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR PERIODE 2000-2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41335/1/01470938_Bab%20I_Bab%20IV_Daftar%20Pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41335/2/01470938_Bab%20II_Bab%20III.pdf