%0 Thesis %9 Skripsi %A Himmatin Nur Fadila, 15480105 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2020 %F digilib:41424 %I UIN Sunan Kalijaga %K Intelegensi, Intellegence Quotient (IQ), Capaian Hafalan Al-Qur’an dan Hasil Belajar Matematika %P 172 %T HUBUNGAN ANTARA TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN CAPAIAN HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41424/ %X Himmatin Nur Fadila “Hubungan antara Intellegence Quotinet (IQ) dan Capaian Hafalan Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Matematika kelas IV MI Wahid Hasyim Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,2020. Latar belakang masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah kesamaan antara Intellegence Quotinet (IQ), menghafal Al-Qur’an dan hasil belajar matematika. IQ berkarakteristik rasional, analitis, linier, menyerap konsep matematika, sistematis teratur logis. Menghafal Al-Qur’an merujuk pada kemampuan sistematis mengunakan konsep. Hasil belajar matematika merujuk pada kemampuan berpikir logis, analisis, kritis, berkomunikasi dan bernalar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Intellegence Quotinet (IQ) dan Capaian Hafalan Al- Qur’an terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu Intellegence Quotinet (IQ )dan Capaian Hafalan Al-Qur’an, sedangkan Variabel terikat yaitu Hasil belajar matematika siswa kelas IV . Populasi penelitian adalah siswa di MI Wahid Hasyim . Sampel penelitiannya yaitu semua siswa kelas IV. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara dengan guru dan lembar kerja siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda dengan bantuan softwere SPSS 23 dan Microsoft Exel. Hasil penelitian membuktikan terdapat hubungan antara Intellegence Quotinet (IQ) dan Capaian Hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika. Uji T Independent Sampels Test N-gain yang telah dilakukan diperoleh data bahwa Sig. adalah 0,00 lebih kecil dari < 0,05 dan nilai rata-rata N-gain kelas 0,04 termasuk kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara Intellegence Quotinet (IQ) dan capaian Hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika. %Z Fitri Yuliawati, M.Pd.Si