eprintid: 41427 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/04/14/27 datestamp: 2020-12-21 07:28:00 lastmod: 2020-12-21 07:28:07 status_changed: 2020-12-21 07:28:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadhilah Rizqi, NIM, 16250072 title: PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBENTUK PERILAKU ASERTIF ANAK TUNAGRAHITA TERLANTAR: Studi Kasus Panti II Yayasan Sayap Ibu Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta Skripsi ispublished: pub subjects: Pe_So divisions: jur_iks full_text_status: restricted keywords: Peran Pekerja Sosial, Pembentukan Perilaku Asertif, Anak Tunagrahita note: Dr. Arif Maftuhin, M. Ag., MAIS abstract: Proses pembentukan perilaku anak memerlukan cara tersendiri bagi setiap orangtua. Tidak semua anak terlahir sama, bahkan ada anak yang dilahirkan dalam kondisi yang memerlukan pendampingan khusus seperti anak yang memiliki intelektual di bawah rata-rata (tunagrahita). Orangtua selayaknya menerima anak dengan apa adanya, karena sejatinya anak adalah titipan Yang Maha Kuasa. Ketidakhadiran orang tua menjadikan anak berkebutuhan khusus berada di panti asuhan. Anak menjadi kurang memiliki perhatian dan kepercayaan diri dalam berperilaku, terutama perilaku asertif. Pengurus serta pengasuh panti telah mendidik anak sebaik mungkin, namun perhatian yang diberikan terpecah karena banyaknya anak yang harus diurus. Pekerja sosial hadir di tengah-tengah anak, salah satunya sebagai agent of change dalam pembentukan perilaku serta kehidupan mereka. Pekerja sosial di panti difabel berperan membantu anak membentuk perilaku asertif agar mereka dapat mandiri serta bersosialisasi dengan baik terhadap teman maupun orang yang berada di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan observasi pastisipatif. Peneliti mengumpulkan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan di lapangan menghasilkan bahwa anak tunagrahita di panti II Yayasan Sayap Ibu Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta memerlukan bimbingan dan arahan dalam membentuk perilaku asertif. Pekerja sosial dalam perannya sebagai perantara (broker), penghubung (mediator), perunding (conferee), negosiator (negotiator), fasilitator (facilitator), dan pendidik (education), dapat membantu anak membentuk perilaku asertifnya. Pekerja sosial membantu anak agar mampu tegas dan berani serta mampu bersosialisasi baik dengan orang lain. date: 2020-04-14 date_type: published pages: 142 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah dan Komunikasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fadhilah Rizqi, NIM, 16250072 (2020) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBENTUK PERILAKU ASERTIF ANAK TUNAGRAHITA TERLANTAR: Studi Kasus Panti II Yayasan Sayap Ibu Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta Skripsi. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41427/1/16250072_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41427/2/16250072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf