%0 Thesis %9 Skripsi %A Shobaihatul Khoiroh, 15490030 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2020 %F digilib:41428 %I UIN Sunan Kalijaga %K Kepemimpinan, Karakter, Pendidikan. %P 144 %T PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41428/ %X Shobaihatul Khoiroh, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti tentang pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui bagaimana tipe, peran, dan implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat di SMAN 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan cara Transcript, coding, comparing dan contrasting. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tipe kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah adalah tipe kepemimpinan demokratis dimana kepala kepala sekolah selalu memberikan dorongan, motivasi dan inovasi terhadap para guru, karyawan dan siswa untuk terus berprestasi dan terus berkarya. (2) Implementasi program penguatan pendidikan karakter menggunakan metode pembiasaan dan budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) program penguatan pendidikan karakter didukung oleh warga sekolah sehingga program tersebut sudah terlaksana dengan maksimal. (3) kepala sekolah berperan sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan sebagai motivator. %Z Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd