eprintid: 41452 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/04/14/52 datestamp: 2020-12-16 00:32:50 lastmod: 2020-12-16 00:33:05 status_changed: 2020-12-16 00:32:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amin Mulindhasari, 16480036 title: PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MIM KRANGGAN ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: kar_ subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Deeper Learning Cycle, Kemampuan Pemecahan Masalah. note: Fitri Yuliawati, M.Pd.,Si abstract: Amin Mulindhasari, “Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Deeper Learning Cycle (DELC) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V MIM Kranggan”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi (quasi-experimental design) dengan bentuk desain time series design. Variabel bebas yaitu model pembelajaran deeper learning cycle dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VA MIM Kranggan berjumlah 20 anak. Sampel penelitian eksperimen dengan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu 20 anak. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen yang digunakan yaitu validitas konstruk dan validasi empiris. Uji Prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Anova. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Sample T-test. Analisis data dibantu dengan software SPSS 24.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA berbasis Deeper Learning Cycle terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V MIM Kranggan. date: 2020-05-27 date_type: published pages: 139 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Amin Mulindhasari, 16480036 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DEEPER LEARNING CYCLE (DELC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MIM KRANGGAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41452/1/16480036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41452/2/16480036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf