%0 Thesis %9 Skripsi %A NAZULA LATIFATUS SHOLIKHAH, 16480041 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2020 %F digilib:41455 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Komunikasi Kelompok, Kecerdasan Berbahasa, Mi Giriloyo 1 %P 168 %T PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN BERBAHASA PESERTA DIDIK KELAS III MI MA’ARIF GIRILOYO 1 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41455/ %X Nazula Latifatus Sholikhah, ―Pengaruh Komunikasi Kelompok terhadap Kecerdasan Berbahasa Peserta Didik Kelas III Mi Ma’arif Giriloyo 1 Bantul‖. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ―adakah pengaruh komunikasi kelompok terhadap kecerdasan berbahasa peserta didik kelas III Mi Ma’arif Giriloyo 1 Bantul‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui adakah pengaruh komunikasi kelompok terhadap kecerdasan berbahasa peserta didik kelas III Mi Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif, penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknik sampling yaitu dengan menggunakan sampel jenuh dan pengumpulan data dengan menggunakan angket. Hasil dari penelitian ini yaitu mendapatkan nilai signifikansi (2-tailed) hasil uji signifikan sig sebesar 0,005 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun hipotesis yang diajukan adalah: Ho (Tidak ada pengaruh komunikasi kelompok dengan kecerdasan berbahasa) sedangkan Ha (Ada pengaruh antara komunikasi kelompok dengan kecerdasan berbahasa). Berdasarkan hasil uji signifikansi dan hipotesis yang diajukan maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh komunikasi kelompok terhadap kecerdasan berbahasa peserta didik kelas III Mi Ma’arif Giriloyo 1 Bantul. %Z Fitri Yuliawati, M.Pd.,Si