@mastersthesis{digilib41466, month = {May}, title = {MANAJEMEN PENDIDIKAN NONDIKOTOMIK DI YAYASAN PENDIDIKAN MINHAJUTH THULLAB LAMPUNG TIMUR PERSPEKTIF INTEGRASI INTERKONEKSI}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {18204010010 Ubaidillah}, year = {2020}, note = {Dr. Suryadi, M.A.}, keywords = {Manajemen,PendidikanNondikotomik,Integrasi-Interkoneksi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41466/}, abstract = {Ubaidillah.ManajemenPendidikanNondikotomikdiYayasanPendidikan MinhajutThullabLampungTimurPerspektifIntegrasi-Interkoneksi.Tesis. Program Magister,ProdiPendidikanAgamaIslam,FakultasIlmuTarbiyah danKeguruanUniversitasIslam NegriSunanKalijaga.Yogyakarta,2020. Ilmu-ilmuskulerdaribaratmemandangsainsdanilmusosialtidakada kaitannyadenganpaham teologis,segalayangterjadidimukabumiini merekaanggapsebagaikejadianyangeksidentaltanpaadanyacampur tangan tuhan.Dikotomisasiilmu pengetahuan semacam itu sangat bertentangandenganajaranIslam,sehinggalembaga-lembagapendidikan perlu mengadakan reintegrasiilmu pengetahuan yang lebih holistikintegralistikdenganmemanfaatkansegalasumberdayayangada. Tujuan dariPenelitian iniadalah untuk Pertama mendeskripsikan manajemenpendidikannondikotomikyangadadiYayasanPendidikan Minhajut Thullab Lampung Timur.Kedua,mendeskripsikan bentuk keintegrasian sepertiapa yang ada diYayasan Pendidikan Minhajut ThullabLampungTimur.Ketiga,mendeskripsikanhasilyangdicapaidari implementasi manajemen pendidikan nondikotomik-integralistik di MinhajutThullabLamungTimur. Penelitian inimenggunakan metode kualitatifdeskriptif,pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara mendalam,dan dokumentasi.Analisisdatadilakukandenganmenggunakanteknikreduksi data,penyajiandata,lalumenarikkesimpulandanmelakukanverifikasi. HasildaripenelitiandiYayasanPendidikanMinhajutThullabLampung Timur iniadalah:1).Manajemen pendidikan dilakukan dengan a). menyatukanvisi-misidantujuanantarapendidikanumum dandiniyah,b). menjadikan lingkungan masyarakat,alam,dan organisasieksternal sebagaifasilitaspendidikanyanginterkonektif.2).Integralisasipendidikan dilakukan dengan a).memadukan konsep pendidikan diniyah dengan pendidikanumum,b).melakukanintegrasimateriajarmelaluikegiatan edukasiyangmelibatkankerjasamaantargurumatapelajaran.3).Hasil yang dicapaia).menciptakanSDM yangdoubleskill,yaknimumpuni dibidang agama dan menguasaibidang ilmu pengetahuan umumnya sebagaimana yang dibutuhkan masyarakatsaatini,b).peserta didik mendapatkanduawawasansekaligus,yakniwawasankeagamaandan ilmupengetahuanumum.} }