@mastersthesis{digilib41475, month = {April}, title = {PENDEKATAN HUMANIS DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MIN 3 MAGETAN DAN SD MUHAMMADIYAH 1 MAGETAN}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {18204011012 Hamzah Faris Nashiruddin}, year = {2020}, note = {Dr. Eva Latipah, S.Ag.,S.Psi.,M.Si}, keywords = {Karakter religius, Siswa MIN, Siswa SD Muhammadiyah, Pembentukan, Pendekatan Humanis.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41475/}, abstract = {Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, Kemendiknas merumuskan inovasi baru dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Inovasi tersebut dirumuskan dengan pembentukan 18 Nilai karakter dalam Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Pembentukan karakter tersebut bersumber dari agama, Pancasila, budaya dan tujuan pendidikan Nasional. Diantara 18 nilai karakter tersebut, ada satu nilai yang dianggap sangat berperan dalam membentuk manusia yang berakhlak mulia yaitu nilai karakter religius. Membentuk karakter religius kepada peserta didik harus dimulai sejak dini (golden age) dimulai dari tahap pengenalan nilai karakter religius, pembiasaan, dan pengawalan dalam aplikasinya. Karakter religius yang telah melekat pada peserta didik (usia sekolah dasar) akan menjadi pondasi dasar dan utama bagi kelangsungan tujuan pendidikan nasional yakni terwujudnya masyarakat Indonesia yang berkarakter. Penelitian ini mengkaji tentang pendekatan humanis dalam membentuk karakter religius di MIN 3 Magetan dan SD Muhammadiyah 1 Magetan. Kajian penelitian ini meliputi nilai-nilai religius yang dikembangkan di masing-masing sekolah, strategi yang digunakan dalam pembentukan karkater religius siswa, dan proses pembentukan karakter religius dengan metode pendekatan humanis yang sudah dimunculkan oleh para pakar pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: nilai-nilai karakter religius yang dikembangkan MIN 3 Magetan diantaranya: ikhlas, jujur, sikap menghormati (sopan santun), kebersihan, dan istiqomah. Kemudian nilai-nilai karakter yang dikembangkan SD Muhammadiyah 1 Magetan antara lain: iman dan taqwa (imtaq), sopan santun, kejujuran, kedisiplinan, tolong menolong. Adapun prinsip pendekatan pendidikan humanis di MIN 3 Magetan dan SD Muhammadiyah 1 Magetan secara keseluruhan adalah hampir sama. Penjabaran prinsip humanis kedua sekolah tersebut adalah:1) Guru yang humanis, dengan memandang siswa sebagai manusia aktif dan bebas menentukan proses belajar. 2) Pembelajaran bersifat humanis, memberi kenyamanan dan kebebasan siswa dalam belajar. 3) Hukuman bersifat humanis, yakni tidak mengutamakan hukuman fisik, dengan memberi nasihat dengan tutur kata yang halus. Penerapan pendekatan pendidikan humanis dalam membentuk karakter religius siswa pada MIN 3 Magetan diantaranya adalah guru bersalaman dengan siswa tiap pagi hari, sedekah sebagai bentuk peduli sosial, berdoa bersama ketika menghadapi ujian sekolah, memperingati hari kelahiran nabi Muhammad Saw, dan mengadakan tasyakuran dikalangan guru.Sedangkan penerapan pendekatan pendidikan humanis dalam membentuk karakter religius siswa di SD Muhammadiyah 1 Magetan adalah memberikan kebebasan berpendapat, pembiasaan sholat dhuha dan sholat dhuhur secara berjama?ah, larangan keras menyontek, infaq filantropis cilik dan progam pengabdian masyarakat. Nilai karakter religius adalah modal utama dalam menyiapkan pendidikan yang beradab tinggi dan berkualitas, maka sewajarnya pada setiap lembaga pendidikan selalu mengembangkan karakter religius pada siswanya agar kelak dapat menjadi manusia yang bermoral.} }