<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)"^^ . "Ahmad Tarmizi Hasibuan, 18204080013. PERSEPSI DOSEN TENTANG\r\nPEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI (Studi Kasus: Universitas\r\nSarjanawiyata Taman Siswa dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga\r\nYogyakarta). Tesis. Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,\r\nUniversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020.\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi mutu pendidikan di Indonesia yang buruk\r\nberdasarkan peringkat Program for International Pisa (PISA) dan laporan World\r\nEconomic Forum (WEF) bahwa Negeri Kepuluan Maritim (Indonesia) memperingkati\r\nposisi ke-62 atau menempati urutan 8 terbawah dari 69 Negara serta Sumber Daya\r\nManusia (Guru) yang lemah menyebabkan terjadinya kekerasan pada anak, sehingga\r\nbanyak ditemukan anak sekolah dasar yang putus sekolah. Realita kenyataan dan\r\nkelemahan-kelemahan di atas menjadi alasan pemerintah mengeluarkan kebijakan yang\r\nmemberikan implikasi berupa pembelajaran tematik yang digunakan bagi anak usia dasar.\r\nPembelajaran tematik diyakini sebagai salah satu model pengajaran yang efektif karena\r\nmampu mewadahi dan menyentuh (otak, emosi dan fisik) secara empirik serta\r\nmeningkatkan kualitas dan kapasitas memori anak usia dasar. Namun dalam\r\npengimplementasiannya masih ditemukan kendala-kendala, salah satunya Output dari\r\nProdi PGSD UST dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal inilah yang menarik\r\nperhatian peniliti untuk menjawab dan mencari bukti kebenaran. Dalam hal ini prodi dan\r\ndosen PGSD Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa (UST) dan prodi dan dosen PGMI\r\nUniversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA) menjadi latar\r\nbelakang penelitian untuk menggali data terkait tentang permasalahan yang terjadi,\r\nsehingga membutuhkan persepsi dosen tentang perencanaaan, pelaksanaan dan\r\npengevaluasian dalam pembelajaran. Tematik.\r\nPenelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Alasan\r\nmenggunakan pendekatan analisis deskriptif dikarenakan peneliti menggali data. Subyek\r\npenelitian adalah Dosen Pembelajaran Tematik yang minimal sudah mengajar selama\r\n3Tahun dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) mengajar di Instansinya. Dalam\r\npengumpulan datanya peneliti menggunakan teknik triangulasi, dimana pengumpulan\r\ndatanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan\r\nteori Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data kemudian diuji keabsahan datanya\r\nuntuk menghasilkan kevalidan dalam penelitian.\r\nHasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) persepsi dosen tentang Tahapan\r\nperencanan pembelajaran tematik guru dan calon guru dalam pembelajaran tematik harus\r\nmemiliki careful planning (perencanaan matang). Pertama, dimulai dari pemilihan tema\r\nyang dapat disesuaikan (starting from the selection of themes that can be adjusted).\r\nKedua, melaksanakan atau melakukan analisis terhadap SKL, KI dan KD (conduct an\r\nanalysis of SKL, KI and KD). Ketiga, melangsungkan pemetaan atau pemaduan KD dan\r\nindikator dengan tema (hold KD mapping and indicators with the theme). Keempat,\r\nmembuat jaringan atau bangan kompetensi dasar (Create a network or basic competency\r\nchart). Kelima, menyusun silabus tematik (compiling thematic syllabus). Keenam,\r\nmenyusun RPP tematik (develop a thematic learning implemantion plan). 2) Persepsi\r\ndosen tentang pelaksanaan pembelajaran tematik adalah suatu proses untuk\r\nmelakukan aktivitas ataupun kegiatan perencanaan pembelajaran, dengan\r\nmenggunakan tiga tahapan. Pertama, Tahapan Awal membuka dengan salam dan\r\ndo’a, memberikan motivasi yang menginpirasi agar peserta mau belajar,\r\nmemberikan penguatan, kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran. Kedua,\r\ntahapan inti persepsi dosen tentang kegiatan inti pelaksanaan pembelajaran\r\ntematik setidaknya guru menggunakan multimetode dan media, menggunakan\r\npendekatan saintifik. Ketiga, tahapan akhir, persepsi dosen tentang tahapan akhir\r\npelaksanaan pembelajaran tematik adalah memberikan penegasan, membuat\r\nkesimpulan atau rangkuman, memberikan penilaian untuk menguji pemahaman\r\npeserta didik. 3) Tahapan Evaluasi digunakan guru dan calon guru untuk melihat KD\r\ndan KI yang sudah dibelajarkan dengan menggunakan teknik dan instrument penilaian\r\nyang sesuai dengan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, kemudian pelaporannya\r\ndalam bentuk kuantitatif dan kuanlitatif yang dideskripsikan dalam rapot."^^ . "2020-06-02" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "18204080013"^^ . "Ahmad Tarmizi Hasibuan, S.Pd"^^ . "18204080013 Ahmad Tarmizi Hasibuan, S.Pd"^^ . . . . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "18204080013_BAB I_BAB V.pdf"^^ . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI\r\n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #41480 \n\nPERSEPSI DOSEN TENTANG PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI \n(Studi Kasus: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Dan Universitas \nIslam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)\n\n" . "text/html" . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Penelitian Dosen" . .