%0 Thesis %9 Skripsi %A AHMAD NOR MUTAQIN - NIM. 06220026 , %B Fakultas Dakwah %D 2010 %F digilib:4151 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K konseling individual, siswa tidak lulus UN, siswa yang tidak lulus dalam UN %T KONSELING INDIVIDUAL PADA SISWA YANG TIDAK LULUS UN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4151/ %X Fenomena standar kelulusan bagi para siswa yang dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan sangatlah memberatkan siswa, seperti yang selama ini di ketahui oleh khalayak umum seperti kelulusan pada tahun 2009 yaitu 5,50 lebih besar dari standar kelulusan pada tahun 2008 yaitu 5,25. Hal ini yang mengakibatkan banyak siswa yang belum siap dengan kenaikan nilai yang lebih tinggi sehingga mengakibatkan banyak siswa yang tidak lulus dalam Ujian Nasional. Untuk itulah maka diperlukan upaya Konseling Individual pada siswa yang tidak lulus UN di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode konseling individual pada siswa yang tidak lulus UN dan peran guru BK pada siswa yang tidak lulus UN di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman pada tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi serta menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dalam bidang konseling individual bagi Jurusan BKI serta SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman dan juga dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dan refrensi bagi konselor dan guru pembimbing untuk meningkatkan motivasi dan percaya diri siswa dalam menghadapi kegagaan dalam UN.dengan mengunakan metode konseling Individual yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat kasuistik akibat tidak lulus dari UN pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman. Subyek dari penelitian ini berjumlah 5 orang, 3 orang konselor, 2 orang siswa yang tidak lulus UN serta yang diteliti siswa yang mengikuti bimbingan dan konseling di sekolah, sedangkan obyek penelitianya adalah metode konseling individual dan peran guru BK pada siswa yang tidak lulus UN.metode pengumpulan data dengan cara interview , observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan mengunakan penelitian kualitatif sifatnya dskriftif yaitu hasil analisis itu berupa analisis dari gejala yang diamati. Hasil penelitian menunjkkan bahwa metode konseling individual yang digunakan untuk menghadapi siswa yang tidak lulus dalam UN adalah dengan menggunakan metode pemberian mau'idzah tausiah, jemput bola, dan kunjungan rumah. Sedangkan peran guru Bk adalah Sebagai motivator, Sebagai vasilitator dalam menghadapi UN, Sebagai pemberi saran dan anjuran, agar mengikuti ujian paket C, Seabagai pemberi pembekalan atau pembinaan bagi siswa yang tidak lulusUN, Sebagai pemberi jalan keluar bagi siswa yang mengalami beban mental, Sebagai pemberi motivasi agar siswa lebih percaya diri akibat tidak lulus UN. %Z Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag., M.Si