%A NIM: 00470096 JAYATI %O Drs. Maragustam Siregar, MA, %T HUMANISASI DALAM PENDIDIKAN MENURUT AL QUR'AN %X Tujuan.dari penelitian ini adalah : a. Untuk rnengungkapkan ajaran-ajaran al Qur'an tentang hakekat manusia. b. Untuk rnenggungkapkan ,ajaran-ajaran al Qur'an tentang hurnanisasi dalam pendidikan.c. Untuk memberikan gambaran berbagai bentuk lernbaga pendidikan yang humanis. Jenis penelitian dalam membahas masaJah humanisasi dalam pendidikan menurut Al Qur'an ini, menggunakan library research yang bersumber dari bahan-bahan pustaka terutama Al Qur'an dan literatur-literatur yang relevan dengan pokok persoalan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1. Konsep manusia dalam pandangan Al Qur' an menegaskan bahwa manusia tersusun dari tiga unsur yakni jasad, hayat dan ruh. Ketiga unsur itu menyatu dalam eksistensi manusia, yang disebut keakuan atau nafs. Kesatuannya bersifat dinamis dan dinamikanya terletak dalam perbuatan kreatif. Oleh karena itu, manusia dalam kosep Al Qur' an dikatakan sebagai diri yang tersusun dari tiga unsur, dimana ketiganya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian secara eksistensial Al Qur' an memandang manusia sebagai mahkluk yang monopluralis. 2. Humanisasi atau pemanusiaan adalah proses memanusiakan manusia oleh manusia, sebuah diskursus pendewasaan. Dimana yang dimaksud dengan kemanusiaan adalah pengakuan akan hakekat dan martabat manusia.3. Lembaga pendidikan yang humanis yaitu lembaga yang menggusung nilai-nilai humanisasi dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. %K HUMANISASI, PENDIDIKAN MENURUT AL QUR'AN %D 2004 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib41510