eprintid: 41529 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/04/15/29 datestamp: 2020-12-13 13:24:11 lastmod: 2020-12-13 13:41:47 status_changed: 2020-12-13 13:41:47 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Noor Hamid, - title: Total Quality Manajement Dalam Lembaga Bimbingan Haji dan Umrah : Studi Pada KBIHU Di Area Yogyakarta ispublished: pub subjects: hj divisions: penelitian full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), Total Quality Management(TQM), Yogyakarta abstract: Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah (KBIHU) memiliki peran penting dalam penyelenggaraan proses ibadah haji dan umrah yang ada di Indonesia. KBIHU adalah kelompok yang menyelenggarakan bimbingan ibadah haji dan ibadah umrah yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama. Keberadaan KBIHU sangat diperlukan sebagai mitra pemerintah dalam membantu jemaah haji dan umrah untuk belajar dan mendalami manasik. Seiring peningkatan jumlah KBIHU di indonesia, terdapat beberapa persoalan yang dihadapi yang harus dipecahkan, diantaranya adalah semakin banyaknya jumlah KBIHU yang beroperasi membuat persaingan antar KBIHU tidak dapat dihindarkan, sementara kualitas pengelolaan KBIHU sampai saat ini juga belum bisa dikatakan baik, masih banyak pembimbing manasik haji yang kurang kompeten dan kurang profesional, usia pembimbing yang sudah tua, kondisi jamaah haji atau umrah yang masih awam, rata-rata belum memahami tentang aturan-aturan dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah, jemaah pemula belum pernah berangkat haji dan umrah, serta tingkat pemahaman ilmu keagamaan Islam yang beragam, menuntut KBIHU untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pembinaan dan bimbingan kepada jemaah haji dan umrah. Penelitian ini bertujuan untuk memotret penyelenggaraan pengelolaan KBIHU yang ada di Yogyakarta dalam perspektif Total Quality Management. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan in depth interview, studi dokumentasi dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis tematik(thematic analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pengelolaan KBIHU yang ada di Yogyakarta telah mengacu pada konsep TQM. Meskipun demikian beberapa indikator harus dapat ditingkatkan kembali. Diharapkan akan meningkatkan kualitas pelayanan pembinaan dan bimbingan kepada jemaah haji dan umrah. date_type: published publisher: Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, place_of_pub: Yogyakarta pages: 19 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, citation: Noor Hamid, - Total Quality Manajement Dalam Lembaga Bimbingan Haji dan Umrah : Studi Pada KBIHU Di Area Yogyakarta. Project Report. Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,, Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41529/1/Total%20Quality%20Manajement%20Dalam%20Lembaga%20Bimbingan%20Haji%20dan%20Umrah%20%20Studi%20Pada.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41529/3/surat-surat-pernyataan1607861138.pdf