relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/ title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEMILAHAN KARTU (CARD SORT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs TARBIYATUL ISLAMIYAH PATI creator: ARIF SAIFULLAH - NIM. 05410111-04, subject: Pendidikan Agama Islam description: Latar belakah masalah penelitian ini adalah lemahnya keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Islamiyah disebabkan karena selama ini Model Pembelajaran yang sering dipakai masih menggunakan motode klasikal (ceramah). Hal ini berdampak pada keengganan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga menimbulkan lemahnya keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Aktif Tipe Pemilahan Kartu (Card Sort) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Tarbiyatul Islamiyah Pati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Islamiyah Pati yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi keaktifan, Intervew, dokumentasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Pemeriksaan keabasahan data dilakukam dengan mengadakan trianggulasi yakni teknik pemeriksaan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau pembanding terhadap data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Aktif tipe Pemilahan Kartu (Card Sort) jika dianalisis dengan menggunakan rata-rata keseleruhan nilai skor keaktifan mengalami peningkatan begitupun juga dengan prestasi belajar siswa dengan rata-rata hasil nilai akhir (Pra Tindakan, Akhir Siklus I, dan Akhir Siklus II). Untuk keaktifan rata-rata skor pada Pra tindakan diperoleh sebesar 16, 36. Hal ini mulai meningkat pada siklus I dengan rata-rata 31, 17 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali dengan nilai ratarata 32.74. Sedangkan Untuk Prestasi siswa dengan berpijak pada nilai akhir maka rata-rata yang diperoleh adalah 69.26 pada pra tindakan dan mulai meningkat pada siklus I menjadi 73.5 kemudian pada siklus II rata-rata nilai siswa mulai mengalami peningkatan dibanding siklus I yaitu 76.6. Akan sedikit berbeda jika hasil skor keaktifan dan hasil belajar siswa jika dianalisis dengan menggunakan analisis uji quot;t quot; test. Penelitian ini tidak mengalami peningkatan yang signifikan baik keaktifan maupun prestasi belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari hasil observasi keaktifan adalah sebesar 0,13. Setelah dikonsultasikan dengan t tabel, maka hasil yang diperoleh adalah lebih kecil dari pada t tabel ( = 0.13 : 1% = 2,00 5% = 2.65). Begitupun juga dengan Prestasi Belajar Siswa hasil yang o t t t t t vii diperoleh sebesar 1,25 setelah dikonsultasikan dengan t tabel, maka lebih kecil dari pada t tabel ( =1,25 1% = 2,00 5% = 2,65). date: 2010-04-13 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/1/BAB%20I%2CIV%2C.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/2/BAB%20II%2CIII.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4155/10/small.jpg identifier: ARIF SAIFULLAH - NIM. 05410111-04, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEMILAHAN KARTU (CARD SORT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs TARBIYATUL ISLAMIYAH PATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.