@phdthesis{digilib41581, month = {September}, title = {NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT AN-NAHL AYAT 90 (Analisis Ilmu Pendidikan Islam)}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {00470368 AZIMATUL HASANAH}, year = {2004}, note = {Drs. Maragustam Siregar, MA}, keywords = {NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK, SURAT AN-NAHL AYAT 90, Analisis Ilmu Pendidikan Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41581/}, abstract = {Tujuan penulisan yang berjudul NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SURAT AN-NAHL AYAT 90 (Analisis Ilmu Pendidikan Islam) ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui penafsiran para mufassir dalam surat An?Nahl Ayat 90 2. Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlaq yang terkandung dalam surat An-Nahl Ayat 90 3. Untuk mengetahui aplikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pendidikan Islam yang terkandung dalam surat An-Nahl ayat 90. Studi yang ditempuh penulis merupakan penelitian yang bersifat literer/kepustakaan (library Rcscarch) Sebagai jawaban dari rumusan masalah tcrhadap kajian skripsi ini, penulis dapat mengambil kesimpulan, bahwa pcndidikan akhlak dalam Islam menurut tuntutan AI-Qur'an khususnya Surat An.-Nahl ayat 90 banyak mengandung beberapa hal yaitu: 1. Dengan melalui tahap penafsiran surat An-Nahl ayat 90 dcngan telaah f empat mufassir yaitu tafsir lbnu Katsir, Tafsir Jami'ul Bayan Fi Tasir Al?Qur'an, Tafsir Kabir dan Tafsir AI-Maraghi dengan mcnggunakan mctode Tahlili (Analitis) dengan dua bentuk penafsiran yaitu bentuk bil ma'stur dan bentuk bil- ra'y, maka dapat diketahui beberapa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung didalamnya. Diantaranya: Nilai pendidikan keadilan, ihsan, membantu kerabat dan mencegah munkar, keji serta permusuhan. 2. Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surat An-Nahl ayat 90 telah teridentifikasi dengan jelas. antara lain keadilan, nilai kebaikan (ihsan), membantu kerabat dan mencegah kemunkaran, keji serta mencegah permusuhan. 3. Aplikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pendidikan islam membutuhkan suatu proses yang lama dan panjang. Tentunya bagi pendidik terhadap peserta didik dalam mentransfer nilai-nilai pendidikan akhlak.} }