%A NIM. 12220066 Sayidah Ulin Nuha %O Nailul Falah, S.Ag., M.Si %T UPAYA PEMBINA ASRAMA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMPIT SALMAN AL FARISI YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi remaja dewasa ini yang jauh dari tuntunan akhlak yang mulia. Salah satu faktor terjadinya hal tersebut kurangnya contoh dan teladan yang baik dari keluarga maupun masyarakat. Selain itu, penyebab terjadinya krisis akhlak pada remaja adalah fenomena pesatnya perkembangan teknologi tanpa diimbangi pengetahuan yang cukup tentang dampak positif dan negatifnya teknologi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana upaya para pembina asrama dalam pembentukan akhlak siswa, yang berfokus pada pembentukan akhlak di asrama putra SMP IT Salman Al-Farisi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar penelitian di Asrama Putra SMP IT Salman Al-Farisi. Pendekatan yang digunakan yaitu non-eksperimen dengan menggunakan pendekatan study deskriptif survei yaitu dengan menghimpun data sebanyak mungkin di lapangan, setelah itu peneliti melakukan analisa dari data yang telah diperoleh. Proses pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan membuat kategori yang ada dalam data, mencari dan menemukan pola atau hubungan hubungan, kemudian membuat temuan-temuan umum dengan cara penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Metode pembentukan akhlak oleh pembina asrama di asrama putra SMP IT Salman Alfarisi adalah: 1) Keteladanan (contoh yang baik dari pembina Asrama), 2) Pembiasaan yang terapkan oleh. Pembina Asrama agar santri terbiasa berakhlak mulia,3) Nasihat dan Peringatan agar santri menyadari sikap ataupun perbuatan tersebut benar atau keliru menurut tuntunan berakhlak, 4) Motivasi dan Sanksi bertujuan menumbuhkan semangat berakhlak mulia dan mewaspadai akhlak yang buruk. 4) Cerita Berhikmah selalu diupayakan untuk tersampikan pada setiap pembinaan akhlak. Pembentukan akhlak siswa yang nampak pada perilaku santri diantaranya, kedisiplinan sholat berjama’ah dan sholat Sunnah, menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, piket kamar dan asrama harian maupun pekanan terlaksana dengan sebagai bentuk akhlak terhadap lingkungan sekitar. %K Pembina Asrama, Pembentukan Akhlak Siswa %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib41620