TY - RPRT CY - Yogyakarta ID - digilib41660 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41660/ A1 - Karwadi, - N2 - Kajian terhadap kiprah Harun Nasution dalam pendidikan Islam di Indoensia mengantarkan pada beberapa kesimpulan. Pertama, kontribusi Harun Nasution dalam bidang pendidikan tidak terletak pada konsep yang dirumuskannya secara sistematis dan komprehensif. Kontribusi terbesar terletak pada action di lapangan pendidikan (khususnya pendidikan tinggi Islam) yang berhasil mengembangkan sikap kritis, terbuka, rasional dalam melakukan studi keislaman. Bahkan secara konseptual, pemikiran Harun Nasution bidang pendidikan terkesan global dan tidak tuntas. Dikatakan global, karena Harun Nasution kurang memberikan penjelasan rinci dan mendalam pada aspek-aspek pokok pendidikan. Pemikirannya bidang pendidikan juga tidak tuntas, sebab masih ada komponen pokok lain, yaitu media dan evaluasi pembelajaran yang tidak ditemukan dalam tulisan-tulisannya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Harun Nasution bukanlah pemiki bidang pendidikan Islam, tetapi praktisi. PB - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga KW - Pendidikan KW - Harun Nasution M1 - documentation TI - PEMIKIRAN PENDIDIKAN HARUN NASUTION AV - public EP - 20 ER -