TY - RPRT CY - Yogyakarta ID - digilib41661 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41661/ A1 - Karwadi, - N2 - Penerapan multiple intelligences dalam pembelajaran membawa implikasi luas, baik terhadap kurikulum, lembaga pendidikan, maupun sumber daya manusia yang terlibat dalam pendidikan. Tulisan ini tidak menjangkau semua aspek yang seharusnya dijangkau. Hal ini menjadi salah satu kelemahan tulisan ini. Namun demikian, implikasi yang telah dikemukakan yaitu pembelajaran model sentra, individual dan menerapkan pendekatan interdislipliner cukup untuk menegaskan bahwa secara praktis implemenatasi multiple intelligences Memerlukan persiapan yang matang dan keterlibatan berbagai pihak.Pembelajaran dengan perspektif multiple intelligences adalah wujud kongkrit dari pendidikan humanis dan sangat menghargai keragaman. Semua peserta didik pintar, jika ada yang belum berhasil maka bukan berarti dia bodoh, tetapi karena belum menemukan cara yang tepat untuk belajar. Dalam kaitan ini, guru memiliki tanggung jawab besar untuk memfasilitasi siswanya agar bisa menemukan cara belajar yang sesuai. PB - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga KW - Multiple Intelligences; Pembelajaran SD; Pendidikan Sekolah M1 - documentation TI - IMPLIKASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN DI SD/MI AV - public EP - 18 ER -