TY - THES N1 - Drs. Dudung Hamdun, M. Si. ID - digilib41684 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41684/ A1 - Minarti Hasan, 00240351 Y1 - 2005/// N2 - Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) memberikan tekanan yang lebih besar pada materi agama dibandingkan Sekolah Dasar. Dilihat dari segi penguasaan agama, terutama Bahasa Arab, antara alumni MI dan SDN jelas berbeda. Namun demikian bukan berarti hanya siswa yang berasal dari MI saja yang dapat menguasai atau memahami Bahasa Arab. Penguasaan Bahasa Arab juga tergantung dari kebiasaan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas II MTS Darul Hikmah Ngrambe Ngawi dan Sekolah Dasar Negeri (SDN); mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab siswa jelas II MTs Darul Hikmah Ngrambe Ngawi antara siswa alumni Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan sekolah Dasar Negeri (SDN). Data dikumpulkan dengan metode interview, observasi, dokumentasi, tes, dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, statistic deduktif, statistic induktif. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab yang signifikan antara siswa alumni MI dan alumni SDN. Prestasi belajar Bahasa Arab siswa alumni MI lebih tinggi dibandingkan alumni SDN. Perbedaan prestasi belajar Bahasa Arab pada Mts Darul Hikmah selain disebabkan latar belakang Pendidikan siswa juga disebabkan oleh factor intern yaitu jasmaniah, psikologi yang terdiri dari intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kesiapan, kematangan, dan kelelahan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pembelajaran Bahasa Arab M1 - skripsi TI - Studi Komparatif tentang Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas II MTs Darul Hikmah Ngrambe Ngawi antara Siswa Alumni Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) AV - restricted EP - 46 ER -