%0 Thesis %9 Skripsi %A CUKUP ISLAMIARSO - NIM. 05470002, %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:4169 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pribumisasi Islam, Abdurrahman Wahid %T PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN KEINDONESIAAN ( Telaah Kritis Pribumisasi Islam Pemikiran Abdurrahman Wahid ) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4169/ %X Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan Islam di Indonesia dipengaruhi oleh simbolisme agama, otentifikasi Islam dan modernisasi sehingga pendidikan Islam di Indonesia tidak mencerminkan nilai-nilai ke- Indonesia-an. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui gagasan Pribumisasi Islam Abdurrahman Wahid; (2) untuk mengetahui implikasi Pribumisasi Islam Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam yang berwawasan ke-Indonesia-an. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofishistoris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Abdurrahman Wahid menggagas Pribumisasi Islam sebagai jawaban akan permasalahan pendidikan Islam yang ada di Indonesia, Abdurrahman Wahid mengkonstruk teologi Pribumisasi Islam yang di satu sisi tetap berpijak pada ortodoksi dan di sisi lain terkait dengan ortopraksis. Teologi ini melihat peran agama kepada manusia dalam dua hal yaitu: teologi positif (amar ma'ruf) dan teologi negatif (nahi munkar). Selanjutnya konstruk teologi Pribumisasi Islam ini memiliki beberapa karakter yaitu: kontekstual, toleran, menghargai tradisi, progresif dan membebaskan. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Pribumisasi Islam adalah: Islam kosmopolitan, Pancasila dan penghargaan terhadap tradisi lokal yang terangkum dalam kebhinekaan. (2) selanjutnya implikasi dari Pribumisasi Islam dalam Pendidikan Islam berwawasan ke-Indonesia-an adalah a). Pendidikan Islam; hakikat pendidikan Islam, dasar pendidikan Islam dan tujuan pendidikan Islam. b). Paradigma pendidikan Islam berwawasan ke-Indonesia-an; nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, kebhinekaan yang melahirkan pendidikan Islam multikultur dengan kebijakan desentralisasi sebagai pengejewantahannya. c). Selanjutnya pendidikan Islam di atas memiliki karakter yang pluralis, kontekstual, beragam, progresif dan adaptifselektif. d). Metodologi Pendidikan Islam: metode kontekstual, berdiskusi, keteladanan, amr ma'ruh nahi munkar, bil hikmah dan metode ibrah dan mau'idzoh. Kata kunci: Pribumisasi Islam Abdurrahman Wahid, pendidikan Islam %Z Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.