eprintid: 41694 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12458 dir: disk0/00/04/16/94 datestamp: 2021-01-08 03:03:03 lastmod: 2021-01-08 03:03:03 status_changed: 2021-01-08 03:03:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Imam Machali, NIM 00410033 title: Bias Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Gender Pendidikan Agama Islam note: Dra. Hj. Susilaningsih, MA. abstract: ABSTRAK Bias Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Imam Machali NIM 00410033 Pendidikan yang diyakini sebagai modal utama dalam membentuk tatanan kehidupan yang lebih berperadaban. Namun kadang menjadi ajang sosialisasi bias dan ketidaadilan gender. Dengan kata lain sekolah sebagai instirusi Pendidikan formal sesungguhnya bukan hanya sekedar berfungsi sebagai Lembaga Pendidikan, namun lebih jauh dari itu ia merupakan sarana sosialisasi kebudayaan yang dalam prosesnya berlangsung secara formal. Nilai dan norma tersebut ditransfer secara lugas maupun secara tersembunyi, baik melalui teks tertulis dalam buku pelajaran, maupun dalam perlakuan yang mencerminkan nilai dan norma gender yang berlaku dalam kebudayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan subjek penelitian adalah para guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTSN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. Data dikumpulkan dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deduktif dan induktif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdapat komponen-komponen pembelajaran yang menunjukkan adanya bias gender. Komponen-komponen tersebut adalah satuan pelajaran, buku ajar, media dan metode pembelajaran serta interaksi antara guru-siswa dan siswi-siswi. date: 2004 date_type: published pages: 48 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Imam Machali, NIM 00410033 (2004) Bias Gender dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41694/1/00410033-BAB%20I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41694/2/00410033-BAB%20II_BAB%20III.pdf