eprintid: 41702 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12458 dir: disk0/00/04/17/02 datestamp: 2021-01-08 03:03:04 lastmod: 2021-01-08 03:03:04 status_changed: 2021-01-08 03:03:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hifdliyah, NIM 00410061 title: Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al-Khairaat Warungboto Umbulharjo Yogyakarta ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Agama Islam note: Drs. Sarjono, M. Si. abstract: ABSTRAK HIFDLIYAH Penanaman Nilai-nilai Keagamaan Pada Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al-Khairaat Warungboto Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai nilai keagamaan pada anak usia pra sekolah di TKIT Al-Khairaat warungboto umbulharjo yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TKIT Al-Khairaat warungboto umbulharjo yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi (pengamatan), wawancara mendalam yang bersifat bebas terpimpin, dan dokumentasi Analisa data yang digunakan bersifat desk tif kualitatif Analisa tersebut terdiri dari tiga alur yang saling berinteraksi yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Proses penanaman nilai-nilai keagamaan yang meliputi keimanan, ibadah dan akhlak yang ditanamkan pada anak-anak di TKIT Al-Khaitaat dilaksanakan melalui dua tahap yaitu pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan penanaman nilai-nilai keagamaan dilakukan di dua tempat yaitu di dalam dan di luar kelas Sedangkan tahap evaluasi dilakukan melalui pengamatan yang terus menerus serta melalui test perbuatan, kemudian hasil dari evaluasi dicatat dalam daftar penilaian kemampuan anak dan laporan perkembangan siswa (raport (2) Proses penanaman nilai-nilai keagamaan yang telah dilaksanakan di TKIT Al-Khairaat dilakukan dengan tepat sesuai dengan tingkat perkembangan serta karakteristik keagamaan anak, di sampaikan tidak secara formal dan kaku, akan tetapi jug Ritty Bare disampaikan di luar waktu belajar formal () Metode yang digunakan dalan menanamkan nilai-nilai keagamaan di TKIT Al-Khairaal sesuai dengan metod yang ditawarkan oleh Abdullah Nasih Ulwan, yaitu keteladanan, pembiasaar nasihat dan pengawasan Selain itu juga menggunakan metode pembelajaran seperti bermain peran, tanya jawab, bernyanyi, bercerita, dan membaca ikrar kerelaan setiap pagi hari (4) Nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan di TKIT Al- Khairaat dilaksanakan guna menumbuhkan kebiasaan kebiasaan yang baik, dimana hal tersebut merupakan upaya untuk mempersiapkan anak agar memiliki dasar agama yang kuat dan membentuk kepribadiannya menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertaqwa. (5) Selama pelaksanaan penanaman nilai-nilai keagamaan berlangsung, terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh guru yaitu guru kesulitan dalam mentransfer bahasa orang dewasa kedalam bahasa anak agar mudah difahami, kurangnya disiplin anak dan kondisi psikologis ereka yang lebih cenderung pada aktifitas bermain, guru menjumpai anak yang memiliki kepribadian yang tidak wajar atau memiliki kelainan pada perkembangannya, menemui anak yang berasal dari keluarga awam (pengetahuan agamanya masih kurang). Selain itu guru juga menemui kemudahan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak yaitu adanya interaksi yang akrab dan baik antara guru dengan anak, interaksi yang baik antara orang tua dengan guru dan kemudahan dalam membangkitkan motivasi anak date: 2005 date_type: published pages: 50 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Hifdliyah, NIM 00410061 (2005) Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al-Khairaat Warungboto Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41702/1/00410061_BAB%20I_V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41702/2/00410061_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf