eprintid: 41710
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12259
dir: disk0/00/04/17/10
datestamp: 2020-12-28 06:58:57
lastmod: 2020-12-28 06:58:57
status_changed: 2020-12-28 06:58:57
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Siti Fauziah Istiqomah, NIM. 15210033
title: TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM AKUN INSTAGRAM @kpopers.hijrah
ispublished: pub
subjects: kom_sos
divisions: jur_kpi
full_text_status: restricted
keywords: Hijrah, Komunikasi Persuasif, instagram, Semiotika Peirce
note: Dr. H. M. Kholili M,Si
abstract: Kpop merupakan salah satu jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan, saat ini K-Pop begitu digemari oleh para remaja di seluruh dunia dan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam beberapa aspek. Di Indonesia sendiri sudah tak terhitung lagi berapa banyak idol K-Pop yang mengunjungi Indonesia untuk konser, fanmeet, showcast, atau menjadi bintang tamu dalam beberapa acara di Indonesia. Populernya music K-Pop di Indonesia member warna tersendiri dalam industri musik Indonesia, namun dibalik itu terdapat pula dampak negatif yang tak bisa dihindari dan diabaikan. Akun instagram @kpoper.hijrah adalah sebuah akun yang berdakwah tentang hijrah dari dunia K-Pop yang dibuat oleh Isti Konah, mantan penggemar K-Pop yang berhijrah dari kecintaan terhadap K-Pop. Isti Konah melihat banyak hal yang lebih bermanfaat dari sekedar memuaskan hasrat menjadi penggemar K-Pop atau Kpopers. Melalui akun instagram ini Isti Konah ingin membantu Kpopers yang sedang berhijrah menjadi istiqomah dengan hijrahnya, dan bahkan bisa ikut berdakwah untuk menyadarkan kpopers lainnya.
Dalam penyampaian dakwahnya melalui unggahan di akun instagram @kpopers.hijrah menggunakan teknik komunikasi persuasif. Melalui analisis semiotika Peirce dalam unggahan baik gambar dan captionnya ditemukan Teknik Cognitif Dissonance terdapat 5 unggahan, Pay-off Technique and Fear Hearing terdapat 6 unggahan, Teknik Emphaty terdapat 8 unggahan, Teknik packing terdapat 3 unggahan, dan Teknik Association terdapat 4 unggahan. Ditemukan pula dalam satu unggahan atau postingan 3 unggahan yang menggunkan lebih
dari satu teknik komunikasi persuasif. Dimana teknik yang sering digunakan adalah teknik komunikasi persuasif emphaty.
date: 2020-02-17
date_type: published
pages: 211
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUJIKASI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Siti Fauziah Istiqomah, NIM. 15210033  (2020) TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM AKUN INSTAGRAM @kpopers.hijrah.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41710/1/15210033_BAB-I_IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41710/2/15210033_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf