%A NIM 00420059 Khairul Anam %O Drs. Achmad Warid, M. Ag. %T Pengajaran al-Qawa’id al-Ajrumiyyah Asrama Perguruan Islam Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang %X ABSTRAK Pengajaran al-Qawa’id al-Ajrumiyyah Asrama Perguruan Islam Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang Khairul Anam NIM 00420059 Menurut pengamatan penulis, pengajaran Bahasa Arab di Indonesia khususnya di Lembaga-lemabaga (termasuk Pondok/Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang) salaf masih banyak menggunakan kitab al-Ajrumiyyah sebagai text book agi kalangan siswa atau santri tingkat dasar dan masih menggunakan grammer translation metode. Jika merujuk pada pendapat Achmad Warid bahwasannya kitab al-Ajrumiyyah tidak cocok diajarkan untuk siswa tingkat dasar di Indoensia. Hal ini disebabkan kitab tersebut seharusnya dikonsumsi untuk kalangan siswa yang dalam kesehariannya berkomunikasi dengan Bahasa Arab. Dengan kesalahan metode tersebut maka dimungkinkan pengajaran Bahasa Arab di Lembaga-lembaga tersebut tidak akan berhasil. Dari latar belakang di atas maka penulis ingin engetahui sistem pengajaran qawa’id al-Ajrumiyyah di A.P.I. Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang dan untuk mengetahui kemampuan santri tigkat II di A.P.I. Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang. Subjek penelitian ini adalah 55 santri tigkat II. Data dikumpulkan melalui observasi, interview, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Data dianalisis dengan metode deskriptif dengan cara berfikir induktif dan deduktif. Kesimpulan dar penelitian ini adalah sistem pengajaran qawa’id al-Ajrumiyyah hanya menekankan pada kajian gramatik saja. Pencapaian tujuan pengajaran didukung dengan metode gramatika dan terjemahan, teks bacaan lengkap, ceramah, melatih diri 9DRILL0, dan lain-lain. Dengan demikian kemampuan teks Arab santri tingkat II A.P.I. Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo menunjukkan hasil yang baik, dengan rata-rata 7,9. %K al-Qawa’id al-Ajrumiyyah %D 2005 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib41721