TY - THES N1 - Drs. H. Sedya Santosa, S.S, M. Pd. ID - digilib41723 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41723/ A1 - Drajat Stiawan, NIM.: 0043512 Y1 - 2005/12/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Sembada Kebumen semester ganjil tahun pelajaran 2005/2006. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sembada. Kebumen pada tahun pelajaran 2005 2006 sebanyak 65 siswa Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengutunakan 3 instrumen yaitu instrumen kebiasaan belajar sebanyak 33 butir sahih dengan kocfisien reliabilitas 0,939, instrumen pergaulan teman sebaya sebanyak 37 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,950 dan instrumen prestasi belajar matematika sebanyak 26 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,912. Hasil penelitian ini menunjukan (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,863 dan persamaan regresi yang diperoleh Y =-18,787 +0,352X, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,663 dan persamaan regresi yang diperoleh -9,880 0,190X, (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,874 dan persamaan regresi yang diperoleh Y - -20,271 + 0,305x, + 0,051X 2. Besarnya sumbangan relatif X, sebesar 84,39% dan X, sebesar 15,61%. Besarnya sumbanga efektif x, sebesar 64,417%, dan X, sebesar 11,91% PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Membaca buku; pergaulalan; teman sebaya; kemampuan pikir M1 - skripsi TI - Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dan Pergaulan Teman Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Sembada Kebumen Tahun Pelajaran 2005/2006 AV - restricted EP - 101 ER -