eprintid: 41724 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12458 dir: disk0/00/04/17/24 datestamp: 2021-06-06 02:17:28 lastmod: 2021-06-06 02:18:03 status_changed: 2021-06-06 02:17:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ali Rohmad, NIM.: 00430480 title: Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika di MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Kecerdasan Emosional; kesadaran diri; optimisme note: Drs. Ichsan, M. Pd. abstract: Pendekatan Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika di MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. 2005 Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan kecerdasan emosional yang dilaksanakan di MTs N Ngemplak Sleman Yogyakarta, mengetahui respon siswa dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan gengumu atas pelaksanaanya. Metode yang peneli Lunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif yang peneliti lakul.an dengan pendekatan psikologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII Mis N Nyelak yang berjumlah 167 anak yang terbagi dalam 4 kelas paralel, sedang untuk setting penelitian kami pilih kelas Vile dengan jumlah siswa 40 anak Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan berupa observasi, interview, angket dan dokumnentasi Untuk analisisnya peneliti gunakan metode deskriptif denan metode deduktif dan induktif dengan tahapan tahapan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Untuk pemeriksaan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanan pembelajaran matematika di MTs N Ngemplak telah mencerminkan penerapan pendekatan kecerdasan emosional dalam proses pembelajarannya Bentuk pelaksanaannya yaitu berupa kegiatan pengelolaan kelas dan kegiatan pengajaran yang dilakukan dengan cara menarik perhatian dan minat siswa, mendekatkan materi dengan pengalainan siswa serta menarik keterlibatan siswa secara penuh dalam pembelajaran untuk mencapai keadaan flow dalam pembelajaran matematika Pelaksanaan pendekatan ini telah mendapatkan respon yang cukup positif yang terwujud dalam sikap siswa terhadap pembelajaran matematika, vaitu yang meliputi sikap siswa terhadap pelajaran matematika, guru, cara mengajar guru, dan sehadap pro pembelajaran matematika itu sendiri. Beberapa faktor pendukung terhadap pelaksana penderaan kecerdasan cmosional ini yaitu antara lain adanya kemauan iswa untuk belajar dan dukungan dari pihak madrasah yang memberikan ke dala d alardinengenangkan strategi pembelajaran, namun disini juga terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaanya, antara lain yaitkesuli:an guru dalam memperlihan siswa secara menyeluruh yang dikarenakan jumlah siswa yang lumayan banyak dalam satu kelas, dan juga minimnya kemampuan guru dalam memberikan variasi datam proses pembelajaran dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. date: 2005-09-24 date_type: published pages: 122 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ali Rohmad, NIM.: 00430480 (2005) Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika di MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41724/1/00430480_BAB%20I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41724/2/00430480_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf