%A NIM.: 00430245 ENDAH ISMAWATI %O Drs. Edi Prajitno, M. Pd %T Analisis Isi Naskah Buku Matematika SMA Kelas X Semester I Ditinjau Dari Materi, Penyajian, Bahasa Dan Keterbacaan Ajaran Tahun Ajaran 2004/2005 %X Analisis Isi Naskah Buku Matematika SMA Kelas X Semester I ditinjau dari Materi, Penyajian, Bahasa dan Keterbacaan Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005, Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah indikator standar mutu buku pelajaram matematika dalam aspek penilaian materi sudah tercapai dalam buku pelajaran matematika SMA kelas X semester 1 (2) Mengetahui apakah indikator standar mutu buku pelajaram matematika dalam aspek penilaian penyajian sudah tercapai dalam buku pelajaran matematika SMA kelas X semester 1 (3) Mengetahui apakah indikator standar mutu buku pelajaram matematika dalam aspek penilaian bahasa dan keterbacaan sudah tercapai dalam buku pelajaran matematika SMA kelas X semester 1 Populasi dalam penelitian ini adalah buku pelajaran matematika untuk kelas X semester I yang disusun oleh BK Noormandiri dan Endar Sucipto dan diterbitkan oleh Pangga, Jakarta, 2004. Dan sampel dalam penelitian ini adalah empat bab pertama dari populasi yaitu bab 1 (Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma). bab 2 (Persamaan dan Fungsi Kuadrat). bab 3 (Sistem Persamaan Linier dan Kudarat) dan bab 4 (Pertidaksamaan). Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah survei yaitu dengan mengadakan analisis isi huku pelajaran matematika SMA kelas X semester 1 tahun ajaran 2004 2005 Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Ceck list atau daftar cek yang disusun berdasarkan konsep yang terdapat dalam indikator standar mutu buku pelajaran matematika SMP dan MTs - SMA dan MA dibuat oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional dalam standar mutu buku pelajaran matematika SMP dan MTs - SMA dan MA Berdasarkan hasil penelitian darat diambil kesimpulan (1) Buku pelajaran matematika ini mempunyai tingkat ketercapaian aspek penilaian materi sebesar 65,74 % Jika dilihat dari jumlahnya indikator yang tercapai hanya 71 indikator dari 108 indikator (2) Baku pelajaran mateuutika tersebut mempunyai tingkat ketercapaian indikator aspek penilaian penyajian adalah sebesar 53,91 % Jika dilihat dari jumlahnya indikator yang terdapat hanya 69 indikator dari 128 indikator (3) Buku pelajaran matematika tersebut, mempunyai tingkat ketercapaian indikator aspek penilaian bahasa dan keterbacaan sebesar 100 % Jika dilihat dari jumlahnya indikator yang tercapai 40 indikator %K Buku Pelajaran; Kurikulum 2004; Pembelajaran kontekstual %D 2005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib41726