%0 Thesis %9 Skripsi %A YAYAH KOMARIAH, NIM.: 00420308 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2004 %F digilib:41734 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pelajaran Bahasa Arab;Akselerasi; SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta %P 130 %T Minat Siswa Akselerasi Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41734/ %X SLTP Muh 2 Yogyakarta menyediakan program akselerasi atau percepatan belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyelesaikan pendidikannya dalam waktu yang lebih singkat. Sebagai sekolah yang berada dalam naungan pendidkan dasar menengah Muhammadiyah maka kurikulum yang diterapkan tidak hanya dari Depdiknas tetapi juga mengacu pada Lembaga Muhammadiyah. Problemnya adalah mata pelajaran Bahasa Arab hanya sebagai pelengkap/penunjang untuk mempelajari al Qur’an, sehingga jam pelajaran yang diberikan hanya separuh waktu dengan pelajaran al Qur’an. Keadaan ini tentu berpengaruh kepada proses belajar mengajar dan ketertarikan siswa terhadap Bahasa Arab terutama pada kelas akselerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa akselerasi terhadap mata pelajaran Bahasa Arab di SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas akselerasi SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, tahun ajaran 2003-2004 yang terdiri dari 43 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumnter, observasi, angket, dan interview. Data dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa akselerasi di SLTP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2003-2004 senang dan berminat terhadap pelajaran Bahasa Arab. Usaha yang dilakukan guru Bahasa Arab dalam membangkitkan minat belajar sangat beragam mulai dari pribadi guru yang selalu memberikan motivasi untuk belajar, membuat strategi mengajar yang bervariasi, memberikan tugas. %Z Drs. H. Zainal Arifin A, M. Ag