%A NIM.: 00420284 WASI'ATUR ROHMAH %O Drs. Maksuddin, M. Ag %T Kontinuitas Pelajaran Bahasa Arab Di Tingkat Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah (Telaah Materi Qawa’id Buku Pelajaran Bahasa Arab Karya Dr. D. Hidayat) %X Bahasa Arab merupakan Bahasa yang digunakan dalam kitab suci Al Qur’an dan hadists, dengan demikian memahami Bahasa Arab sangat penting bagi umat Islam. Pengajaran Bahasa Arab pertama di Nusantara adalah untuk memenuhi kebutuhan seorang muslim dalam menunaikan ibadah, khususnya ibadah sholat. Maka muncullah pengajaran Bahasa Arab dengan “turutan” yang berisi materi membaca al Qur’an dengan metode abjadiyah (alphabetic method). Selanjutnya muncul pengajaran Bahasa Arab bentuk kedua dengan tujuan pendalaman ajaran agama Islam yang tumbuh di pondok pesantren. Materinya meliputi fikih,aqaid, hadist, tafsir, dan ilimu Bahasa Arab. Metode yang digunakan adalahnmetode gramatikal-terjemahan (Qawa’id wa tarjamah). Pengajaran Bahasa Arab terus mengalami perkembangan khususnya pengajaran qawa’id yang sudah diajarkan sebelum abad 19. Penelitian ini bertujua untuk mengetahui konsep penyususnan materi qawa’id dan mengetahui kontinuitas materi qawaid buku pelajaran Bahasa Arab karya Dr. D. Hidayat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian ini adalah konsep penyususnan materi qawa’id dalam buku pelajaran tersebut sudah sesuai dengan Kurikulim Berbasis Kompetensi tahun 2004 pada tingkat MTs dan MA. Materi qawa’id telah digradasikan dengan baik, sehingga kontinuitas penyususnan materi telah terpenuhi. %K Pelajaran Bahasa Arab; Materi Qawaid; Buku pelajaran %D 2005 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib41737