eprintid: 41747 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12458 dir: disk0/00/04/17/47 datestamp: 2021-01-12 03:48:23 lastmod: 2021-01-12 03:48:23 status_changed: 2021-01-12 03:48:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Millah Izzati, NIM 00420133 title: Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas I MTsN Malang I ispublished: pub subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Contextual Teaching and Learning note: Drs. H. Zainal Arifin A., M. Ag. abstract: ABSTRAK Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas I MTsN Malang I Millah Izzati NIM 00420133 Salah satu metode dan strategi pengajaran Bahasa adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam CTL ini mempunyai prinsip bahwa Bahasa harus diajarkan dengan komunikatif dan pengajaran harus menyenangkan serta tidak membosankan. MTsN Malang I adalah salah satu Lembaga Pendidikan yang menggunakan metode dan strategi CTL ini, karena salah satu tujuannya adalah agar siswa dapat berkomunikasi dengan Bahasa Aran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Contectual Teaching and Leraning (CTL) dalam pengajaran Bahasa Arab di MTsN Malang I. Selain itu untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode Contectual Teaching and Leraning (CTL) dalam pengajaran Bahasa Arab di MTsN Malang I. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTsN Malang I beserta staffnya, Guru bidang studi Bahasa Arab dan siswa kelas I MtsN Malang I. Data di penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Kerangka analisis menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pengajaran Bahasa Arab di MTsN Malang I dilaksanakan sesuai teori CTL. Tujuan diterapkannya Contextual Teaching and Learning (CTL) telah tercapai, yaitu menyenangkan dan komnikatif. Pembelajaran dengan cara menemukan sendiri (Inquiry) dan bertanya (questioning) membuat siswa mengingat pengetahuan dalam jangka waktu Panjang. Evaluasi selama proses belajar mengajar memberikan data yang lebih valid tentang perkembangan belajar dan kemempuan siswa. date: 2005 date_type: published pages: 98 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Millah Izzati, NIM 00420133 (2005) Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas I MTsN Malang I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41747/1/00420133_BAB%20I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41747/2/00420133_BAB%20II_BAB%20III.pdf