TY - THES N1 - Drs. A. Miftah Baidlowi, M. Pd. ID - digilib41762 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41762/ A1 - Amrul Hakim, NIM 00410109 Y1 - 2005/// N2 - ABSTRAK Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih Antara Materi Non Kitab Dengan Materi Kitab Di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal Amrul Hakim NIM 00410109 Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih antara Materi non Kitab dan Materi Kitab di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan metode pengajaran materi mata pelajaran Fiqih yang menggunakan kitab dan non kitab di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempunakan penerapan metode pengajaran materi fiqih baik yang menggunakan kitab laupun non kitab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Raden fatah Grobogwetan Pangkah Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi pengajaran fiqih berupa bahasa Indonesia dan materi kitab taqrib berupa bahasa Arab. Dan substansi dari masing masing materi keduanya tersebut sama hanya urutanya saja yang tidak sama (2) Metode pengajaran fiqih dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan metode praktek sedangkan metode pengajaran kitab taqrib menggunakan membaca, terjemah, ceramah, tanya jawab, latihan siap, pemberian tugas dan demonstrasi Jadi perbedaanya pada metode membaca dan terjemah serta latihan siap dan pemberian tugas, karena siswa dituntut agar bisa memahami materi sementara isi materi tersebut menggunakan bahasa Arab sedangkan metode pengajaran fiqih tidak memerlukan membaca dan terjemah karena materi tersebut sudah berbahasa Indonesia Dan metode yang digunakan dalam pelajaran kitab taqrib tidak mengunakan diskusi karena waktu yang disediakan hanya satu jam pelajaran dalam seminggu (3) Hasil proses pengajaran fiqih cukup memuaskan karena tidak ada satu siswa pun yang mendapatkan nilai rendah sedangkan mata pelajaran kitab taqnb hasil evaluasi yang telah dilakukan masih terdapat siswa yang mendapatkan nilai rendah karena siswa tidak mempunyai dasar yang cukup untuk memahami materi yang disajikan. Namun demikian nilai rata-rata yang dihasilkan kitab taqrib lebih tinggi dari fiqih. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Metode Pengajaran Fiqih M1 - skripsi TI - Studi Komparatif Metode Pengajaran Fiqih Antara Materi Non Kitab Dengan Materi Kitab Di Madrasah Aliyah Raden Fatah Grobogwetan Pangkah Tegal AV - restricted EP - 92 ER -