%0 Thesis %9 Skripsi %A Ni’matul Hikmah, NIM. 16220034 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUJIKASI %D 2020 %F digilib:41799 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Media Konseling Anak, Perilaku Agresif, Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Pandeansari %P 124 %T MEDIA KONSELING ANAK UNTUK MENGATASI PERILAKU AGRESIF SISWA SEKOLAH DASAR BUDI MULIA DUA PANDEANSARI SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41799/ %X Anak usia sekolah tidak terlepas dari problematika yang dialami baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah tersebut. Salah satu permasalahan yang dialami anak usia sekolah yaitu agresifitas. Penanganan anak dengan perilaku agresif yaitu melalui konseling anak yang menerapkan penggunaan media dan aktivitas konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk media konseling anak yang diterapkan untuk mengatasi perilaku agresif siswa sekolah dasar Budi Mulia dua Pandeansari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini yaitu Konselor sekolah, Guru Pendamping Anak Berkebutuhn Khusus, serta dua siswa dengan perilaku agresif fisik dan verbal di SD Budi Mulia Dua Pandeansari. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, dan analilis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media konseling anak yang diterapkan oleh konselor dan guru pendamping di SD Budi Mulia Dua Pandeansari yaitu media face card, media buku cerita, media menggambar, media video atau film, media permainan (game), media dengan terapi istighfar, serta media termometer emosi. %Z Dr. H. Rifa’i, M.A