%A NIM. 16220041 Eko Pracoyo %O Slamet, S.Ag, M.Si. %T LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA DI SMP N 1 SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA %X Latar belakang dari penelitian ini adalah pertumbuhan saat remaja permasalahan konflik interpersonal sering kali terjadi menjadikan terganggunya proses belajar maupun hasil akademik siswa. Efeknya tidak hanya terjadi pada siswa tersebut akan tetapi juga lingkungan belajar mereka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penulisan skripsi ini adalah 2 orang Guru Bimbingan Konseling yaitu Bapak Samingin dan Ibu Rosi serta 2 orang siswa kelas VIII SMP N 1 Srandakan. Objek penelitian ini adalah metode layanan konseling individu dalam menangani konflik interpersonal siswa yang meliputi nis komunikasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode konseling individu dalam menangani konflik interpersonal siswa kelas VIII E SMP N 1 Srandakan adalah guru bimbingan konseling dalam menangani konflik interpersonal tersebut menggunakan metode eklektif yang dimana pemecahan masalah dilakukan secara bersama-sama, sedangkan cara penyelasiannya mengunakan gaya akomodatif. Hal yang menyebabkan siswa tersebut mengalami konflik interpersonal karena kurangnya hubungan komunikasi yang baik, sehingga menyebabkan kesalahpahaman yang memunculkan konflik interpersonal diantara mereka. %K Konseling Individu, Konflik Interpersonal %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib41800