TY - THES N1 - Pembimbing: Irsyadunnas, M.Ag, ID - digilib4181 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4181/ A1 - LISTIANA INDAWATI - NIM. 05220044 , Y1 - 2010/04/14/ N2 - Judul skripsi ini adalah Efektifitas Layanan bimbingan dam konseling Islam di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Di mana dalam penelitian ini peneliti menjabarkan dan menganalisis mengenai efektifitas dari program pemberian layanan bimbingan dan konseling Islam di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Latar belakang masalah yang mendasari ditulisnya skripsi ini adalah karena asusmsi umum yang berkembang dikalangan siswa bahwa guru BK adalah polisi sekolah. Guru Bk juga hanya menangani siswa yang nakal saja. Padahal justru siswa yang berprestasi harus selalu dibimbing agar bisa mempertahankan prestasi yang diraihnya. Disisi lain peran guru BK juga tidak hanya sebagai fasilitator tetapi sebagai seorang da'i membimbing, mengarahkan, mengajarkan kebaikan, memiliki tanggung jawab moral, dan mampu menjadi contoh yag baik bagi anak didiknya. Efektifitas layanan bimbingan dan konseling Islam di sekolah tersebut dapat dicapai dengan baik karena komponen yang ada di sekolah tersebut diarahkan untuk membentuk kepribadian muslim bagi anak didiknya, serta kreativitas dan profesionalisme pembimbing atau guru BK dalam menyampaikan materi bimbingan sehingga mampu menumbuhkan minat siswa untuk memahami, menghayati, serta mengamalkan nilai-nilai ke-Islaman dalam kehidupan sehari-hari. Efektifitas layanan Bimbingan dan Konseling Islam dilihat dari keselarasan antara pemahaman, sikap, dan perilaku dari diri siswa serta peran guru bimbingan dan konseling Islam. Dari hal-hal tersebut telah dapat diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta telah berjalan dan berhasil dengan baik. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Efektifitas KW - Bimbingan dan Konseling Islam M1 - skripsi TI - EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA AV - restricted ER -