eprintid: 4192 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/41/92 datestamp: 2012-09-03 10:42:29 lastmod: 2017-04-04 04:41:48 status_changed: 2012-05-04 16:45:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IIN IRAWAN NIM. 06420070, title: PENERAPAN METODE TARJAMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA KELAS II WUSTHO TAHUN AJARAN 2009/2010 ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Penerapan metode tarjamah dalam pengajaran bahasa Arab note: Pembimbing : Dr. Abdul Munif, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana p enerapan metode tarjamah dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah putra pondok pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta kelas II wustho; dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana solusinya dalam menerapkan metode tarjamah untuk pengajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah putra pondok pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta kelas II wustho. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran kepada khalayak umum dan lembaga pendidikan bahasa Arab tentang penerapan metode tarjamah dalam pengajaran bahasa Arab, untuk menambah daftar pustaka tentang peran penting metode dalam pengajaran bahasa Arab, dan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam pada disiplin pendidikan bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan ( field research) dan bersifat deskriptif eksplanatif yaitu bertujuan untuk melukiskan dan menganalisa keadaan yang ada. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan studi kasus yaitu penelitian atas sebuah system yang terbatas yang menekankan pada kesatuan dan keseluruhan dari system tersebut. Untuk memperoleh data dari subyek penelitian, penulis menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat proble ma yang dihadapi oleh santri ; (1) santri mengalami kesulitan dalam menemukan/mencari kosakata (mufrodat) yang tepat, (2) santri kurang menguasai/memahami tentang kaidah nahwu-sharaf (3) kegiatan para santri yang padat. Untuk mengatasi problema tersebut ada upaya untuk menanggulanginya seperti ; (1) ustadz menyarankan kepada santri dalam menentukan/mencari kosakata ( mufrodat) menggunakan kamus al-'asri, (2) santri diharapkan lebih mendalami nahwusharaf dengan cara banyak membaca buku tentang nahwu-sharaf, (3) santri diharapkan lebih disiplin. date: 2010-04-14 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-04-14 12:52:40 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--iinirawann-3971-1-iiniraw-e.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/80/digilib-uinsuka--iinirawann-3971-1-iiniraw-e.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4460 ; nama file lama : IIN IRAWAN - NIM. 06420070 PENERAPAN METODE TARJAMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1139002 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: IIN IRAWAN NIM. 06420070, (2010) PENERAPAN METODE TARJAMAH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH PUTRA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA KELAS II WUSTHO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4192/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4192/2/BAB%20II%2C%20III%2C.pdf