@techreport{digilib42066, type = {Project Report}, title = {RESPON MAHASISWA TERHADAP PROSES INQUIRY PADA MATAKULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN TAHUN AJARAN 2017-2018}, author = {- Runtut Prih Utami}, address = {Yogyakarta}, publisher = {Prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, institution = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, keywords = {respon mahasiswa, inquiry, fisiologi tumbuhan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42066/}, abstract = {Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) bagaimanakah proses inquiry pada matakuliah fisiologi tumbuhan? dan (2) bagaimanakah respon siswa terhadap materi fisiologi tumbuhan?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2016 yang telah menempuh matakuliah fisiologi tumbuhan sudah menempuh matakuliah strategi pembelajaran biologi. Intrumen penelitian ini berupa angket, pedoman wawancara dan dokumen nilai. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan kualititatif. Dari hasil penelitian diketahui perkuliahan menggunakan model pembelajaran inquiry lesson berbasis kegiatan laboratorium. Sedangkan respon mahasiswa terhadap proses inkuiri yaitu sebanyak 86,4 \% mahasiswa menyatakan kegiatan praktikum bersifat verifikasi dan konfirmasi. Sebanyak 78,8 \% mahasiswa menyatakan proses inkuiri disertai dengan bimbingan dosen, dan sebanyak 27,7 \% mahasiswa memberikan respon belum diberikan kebebasan dalam menentukan kegiatan praktikum. Dari hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa beberapa materi masih dianggap sulit dipahami. Untuk materi fotosintesis mendapat respon sulit paling banyak dari mahasiswa, yaitu sebesar 41,3\%} }