%0 Generic %A Akh. Minhaj, - %C Yogyakarta %D 2021 %F digilib:42068 %I Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Fiqh; Era Global %T PENGAJARAN FIQH INDONESIA DAN ANTISIPASI ERA GLOBAL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42068/ %X penyusunan kurikulum mata pelajaran fiqh (mungkin juga mata pelajaran lainnya) di lembaga-lembaga pendidikan agama disusun oleh para tim yang berbeda-beda berdasarkan tingkatan pendidikan;: ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah, dan penyusunan kurikulum mata pelajaran fiqh (mungkin juga mata pelajaran lainnya) di lembaga-lembaga pendidikan agama disusun oleh para tim yang berbeda-beda berdasarkan tingkatan pendidikan;: ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah, dan perguruan tinggi (S-1 hingga S-2). Para tim dari masing-masing level tersebut tidak pernah mengadakan satu pertemuan untuk memabahas kajian fiqh secara koordinatif dan utuh. Dengan kata lain, tidak ada satu kegiatan yang mengamati secara utuh materi kurikulum mata pelajaran fiqh dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Akibatnya bisa diduga, yakni terjadinya tumpang tindih dan pengulangan-pengulangan materi yang hal itu tidak sejalan dengan orientasi pendidikan modern.